Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan dengan Perilaku Siswa SMKN di Kecamatan Banjarmasin Utara
Abstract
Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satu bentuk kesadaran siswa di lingkungan sekolah. Berperilaku peduli lingkungan dalam pengelolaan lingkungan sangat dipengaruhi oleh peran siswa yang memiliki pengetahuan lingkungan tinggi maupun rendah. Tujuan peneliti dalam penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan lingkungan dan perilaku peduli lingkungan siswa SMKN di Kecamatan Banjarmasin Utara, untuk menganalisis pengetahuan lingkungan berhubungan atau tidak dengan perilaku siswa SMKN di Kecamatan Banjarmasin Utara, dan untuk mengetahui pengetahuan lingkungan dan perilaku peduli lingkungan siswa antara siswa SMKN 02 Banjarmasin dengan siswa SMKN 04 Banjarmasin terdapat perbedaan atau tidak. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan komparatif. Penelitian ini memiliki populasi sebesar 980 siswa dengan jumlah sampel 328 sampel siswa. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase, analisis uji Korelasi Product Pearson Moment, dan analisis uji Independent Sample T-test. Dilakukannya penelitian oleh peneliti memiliki hasil yang menyatakan pengetahuan lingkungan siswa SMKN di Kecamatan Banjarmasin Utara masih tergolong tinggi, perilaku peduli lingkungan siswa SMKN di Kecamatan Banjarmasin Utara tergolong baik, hubungan variabel bebas pengetahuan lingkungan tidak signifikan dengan variabel terikat perilaku peduli lingkungan siswa SMKN di Kecamatan Banjarmasin Utara, dan hasil uji tingkat perbedaan menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pengetahuan dan perilaku peduli lingkungan antara siswa SMKN 02 Banjarmasin dengan siswa SMKN 04 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana
Iswari, Rizky Dewi, & Utomo, Suyud W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35–41. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41
Iswayuni, Desy., Adyatma, Sidharta., & Rahman, Akhmad Munaya. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Kurau dan SMA Negeri 1 Bumi Makmur. Jurnal Pendidikan Geografi, 6(2), 29–38. https://doi.org/10.20527/jpg.v6i2.7739
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Yogyakarta.
Noviani, Utami., Hastuti, Karunia Puji., & Adytama, Sidharta. (2014). Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP/Sederajat di Kecamatan Banjarmaisn Barat Menghadapi Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 33–43. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg
Nurfajriani, Novita., Azrai, Eka Putri., & Sigit, Diana Vivanti. (2018). Hubungan Ecoliteracy dengan Perilaku Pro-Lingkungan Peserta Didik SMP. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 63. https://doi.org/10.25273/florea.v5i2.3126
Puspita, Rina., Adyatma, Sidharta., & Arisanty, Deasy. (2019). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Jurnal Pendidikan Geografi, 6(1), 6–11. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jpg
Rahmadiani, Utaya, Sugeng., & Bachri, Syamsul. (2019). Ecological Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non Adiwiyata. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 4(4), 499-503. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Triton, Prawira. Budi. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametric. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wardani, Diyan Nurfika Kusuma. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v8i1.11393
Article Metrics
Abstract view : 418 timesPDF - 269 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.