Persepsi Guru Geografi Mengenai Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Sebagai Media Pembelajaran Di SMA/MA Se Kecamatan Banjarmasin Utara

Tsara Fairuz Azizah, Karunia Puji Hastuti, Akhmad Munaya Rahman

Abstract


Aplikasi pembelajaran daring dimanfaatkan oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran secara daring yang semula pembelajaran dilakukan secara konvensional (tatap muka) berubah menjadi daring karena adanya pandemi COVID-19. Tujuan penelitian menganalisis persepsi guru mengenai pemanfaatan aplikasi daring sebagai media pembelajaran daring di SMA/MA se Kecamatan Banjarmasin Utara. Sampel penelitian ini berjumlah 13 orang guru geografi SMA/MA se Kecamatan Banjarmasin Utara. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 13 guru geografi SMA/MA se Kecamatan Banjarmasin Utara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan skala likert yaitu persentasi tabulasi untuk menganalisis dan mengukur tingkat persepsi guru geografi mengenai pemanfaatan aplikasi pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di SMA/MA se Kecamatan Banjarmasin Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan aplikasi pembelajaran daring terhadap guru geografi SMA/MA se Kecamatan Banjarmasin Utara termasuk dalam kategori tinggi yaitu 71%. Pelaksanaaan pembelajaran secara konvensional berubah menjadi secara daring. Aplikasi pembelajaran sudah pernah digunakan guru sebelum adanya pandemic COVID-19 dengan metode Blended Learning, kemudian dengan adanya pandemi COVID-19 dan kebijakan pemerintah untuk melakukan pembelajaran secara jarak jauh (daring) maka pembelajaran dialihkan  sepenuhnya secara E-Learning. Kekurangan pembelajaran secara daring (E-Learning) berupa penggunaan aplikasi yang sangat bergantung dengan jaringan internet, sulitnya mengontrol siswa, tidak efektifnya pembelajaran, dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik tidak meningkat. Adanya pembelajaran daring guru dituntut kreatif dan paham aplikasi pembelajaran daring agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran yang sepenuhnya dilakukan secara daring.


Full Text:

PDF

References


Abaidoo, N., & Arkorful, V. (2014). Adoption and Effective Integration of ICT in Teaching and Learning in Higher Institutions in Ghana. International Journal of Education and Research, 2(12), 12. Retrieved from http://www.ijern.com/journal/2014/December-2014/35.pdf

Allen, & Michael. (2013). Guide to E-Learning. Canada.

Andriansyah, I. (2013). Eksplorasi pola komunikasi dalam diskusi menggunakan moodle pada perkuliahan simulasi pembelajaran kimia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Dinas Kesehatan Banjarmasin. (2021). Tracking Covid-19 Kota Banjarmasin. Retrieved August 24, 2021, from https://corona.banjarmasinkota.go.id/

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31039

Hanyu. (2017, December 26). Pengertian, Karaktiristik dan Manfaat E-Learning. Retrieved November 7, 2020, from https://sepridahanum.web.id/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-e-learning/

Hastuti, K. P., Angriani, P., Alviawati, E., & Arisanty, D. (2021). The Perspective of Geography Education Students on The Implementation of Online Learning During Covid-19 Pandemic. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012012

Jannah, M., Bustamam, N., & Yahya, M. (2020). Kesiapan Diri Mahasiswa dalam Menghadapi Perkuliahan Daring. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 5(3).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Data Referensi Pendidikan. Retrieved October 6, 2020, from https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sma.php?kode=156004&level=3

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, (021), 1–20.

Kholipah, N., Arisanty, D., & Hastuti, K. P. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 7(2).

Rido, A., & Sari, F. M. (2018). Characteristics of Classroom Interaction of English Language Teachers in Indonesia and Malaysia. International Journal of Language Education, 2(1), 40–50.

Rini, A. P. (2021). The Students’ Perceptions of Mathematics on Learning Online at STKIP Tunas Palapa Central Lampung. Bulletin of Science Education, 1(1), 103–114.

Sadeghi, M. (2019). A Shift From Classroom To Distance Learning: Advantages and Limitations. International Journal of Research in English Education, 4(1), 80–88.

Syaharuddin. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19, (1).

Wibowo, K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru SMA Negeri Bersertifikasi di Kecamatan Banjarmasin Timur. Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v8i1.11430

Article Metrics

Abstract view : 494 times
PDF - 393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

                  

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License