Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Materi Lapisan Atmosfer Kelas X di MAN 1 Murung Raya
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan terhadap media pembelajaran booklet lapisan atmosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD) dengan menggunakan model 4D (four-D) yang tersusun atas empat tahap dimulai dari tahap define atau pendefinisian, diikuti oleh tahap design atau perancangan, kemudian dilanjutkan dengan tahap develop atau pengembangan, dan diakhiri dengan tahap disseminate atau penyebaran. Namun dalam penelitian ini tahap yang dilaksanakan hanya sebatas uji validasi produk yang terdapat tahap develop atau pengembangan. Uji validasi dilakukan oleh tim validasi ahli yang terdiri dari lima validator yakni tiga orang dari dosen pendidikan geografi Universitas Lambung Mangkurat dan dua orang guru mitra. Pengumpulan data menggunakan instrumen atau angket yang berisi tentang beberapa poin yakni kelayakan terhadap isi, kelayakan terhadap penyajian, kelayakan terhadap bahasa, kelayakan terhadap kegrafikan, dan saran dari validator. Hasil terhadap penelitian ini menunjukan bahwa validitas kelayakan isi 88,75%, kelayakan penyajian 93,33%, kelayakan bahasa 90%, dan kelayakan kegrafikan 99,56% dengan rata-rata validitas 90,74% dengan kriteria sangat valid.
Full Text:
PDFReferences
Adyatma, S., Normelani, E., & Riadi, S. (2017). Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Banjarmamsin.
Andreansyah. (2015). Pengembangan Booklet Sebagai Media Kehidupan Di Muka Bumi Kelas X di Sma Negeri 12 Semarang Tahun 2015.
Fauziah, Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Kelas XI MIA I Madrah Aliyah Alauddin Pao-Pao dan MAN 1 Makassar. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae
Fitriasih, R., Ansori, I., & Kasrina. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108
Hardila., Lihawa, F., Maryati., S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografii Berbasis Pendekatan Saintifik, 31–40.
Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Buku Ajar, 1–128.
Indarto, K., Putro, S., & Hardati, P. (2017). Penggunaan Booklet “Gerakan Tanah” Untuk Sumber Belajar Pada Pembelajaran Geografi Materi Pedosfer Kelas X Sma Ma’Arif Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2016. Edu Geography, 5(1), 48–56.
Ritonga, D. I. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Geografi Berbasis Literasi. 1–10.
Saras Wati, T. (2019). Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan Reproduksi Terintegrasi Nilai Islam Sebagai Sumber Belajar Kesehatan Reproduksi pada Santri Putri di Pondok Pesantren Al Munawwir Batang. In Is.
Syahrudin, Arisanty, D., & Puji Hastuti, K. (2016). Hubungan Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi dalam Proses Pembelajaran dengan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Korpri Banjarmasin. 3(4), 40–57
Thiagarajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v8i1.11515
Article Metrics
Abstract view : 895 timesPDF - 637 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.