EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMAN 10 BANJARMASIN
Abstract
Efektivitas Pemanfaatan Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMAN 10 Banjarmasin. Penelitian ini didasari dari nilai mata pelajaran geografi SMAN 10 Banjarmasin lebih rendah dibandingkan dengan SMA negeri lain di Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran berbasis proyek yang digunakan di SMAN 10 Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan teknik analisis data yang diguanakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, kumpulan data, representasi data dan grafik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Objek penelitian merupakan Efektivitas Pemanfaatan Menggunakan teknologi analisis data model interaktif Miles dan Huberman untuk model pembelajaran berbasis proyek di SMAN 10 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menujukkan model pembelajaran project based learning sangat efektif untuk pembelajaran di kelas, karena menumbuhkan pengetahuan dan keterampilan siswa melalui pekerjaan rumah dan kerja praktek sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang telah diberikan, dan menjadikan siswa yang lebih baik dalam berpikir kreatif dan mampu memecahkan suatu masalah. Siswa juga dapat lebih aktif dalam pembelajaran seperti mengumpulkan pengetahuan yang berasal dari pengalaman dunia nyata dan bertukar pikiran antar individu dalam lingkungan kerja kolaboratif saat proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, R. (2016). Pengantar Pendidikan (Asas & Filsafat Pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta; Gaya Media.
Efendi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. In Tesis Pascasarjana Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Komang. (2013). E-Modul Berbasis Model Pembelajaran ProjectBased Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual DiSma Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Teknik Informatika, Vol. 6(No. 1), 72.
Rais, M. (2007). Model Project Based-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Vol. 3(No. 1), 16–30.
Ridwan Abdullahsani. (2014). Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sastrika, I. (2013). PengaruhModel Pembelajaran BerbasisProyek Terhadap PemahamanKonsep Kimia dan KeterampilanBerpikr Kritis. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, 17–22.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung; Alfabeta CV.
Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik diTingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syofiani, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukit Tinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 2(ISSN: 2442-8485 E-ISSN: 2460-6319), 141–152.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v8i1.11599
Article Metrics
Abstract view : 619 timesPDF - 349 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.