PENGETAHUAN GURU IPS TERPADU SMP/SEDERAJAT DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT MENGHADAPI PENERAPAN KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP/Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Barat Menghadapi Penerapan Kurikulum 2013. Tujuan Penelitian adalah mengetahui pengetahuan guru IPS Terpadu SMP/Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Barat Menghadapi Penerapan Kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP/Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Barat Menghadapi Penerapan Kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS Terpadu SMP/Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS Terpadu yang berjumlah 31 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa angket dan observasi, sedangkan data sekunder berupa studi dokumen dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik banyak kelas, panjang kelas interval dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP/Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Barat Menghadapi Penerapan Kurikulum 2013 memiliki kriteria pengetahuan sangat rendah. Hal ini diketahui dari hasil analisis menggunakan perhitungan persentase, dimana P = 45% yang berada antara 0-15 pada kriteria sangat rendah.
Kata Kunci: Pengetahuan, Guru, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muzamiroh, M. L. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Ngadiyana, Y. M. dkk. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Eja Publisher.
Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. 2013.
Khairiah, 2009. Kesiapan Guru SMP Negeri 5 Banjarmasin dalam Penerapan KTSP. Skripsi. Banjarmasin: FKIP UNLAM.
Dokumen Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2012.
Tjahjono, A. 2013. Petunjuk Teknik Persiapan Implementasi Kurikulum Tahun 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.
Hasibuan, M. F. 2013. Paradigma Tugas Guru Dalam Kurikulum 2013, (Online). (http://sumut.kemenag.go.id/file/file/TULISANPENGAJAR/odip1379404126.pdf)
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Dalam Fajar. Karakter Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Plaihari pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi: FKIP UNLAM.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v1i1.1393
Article Metrics
Abstract view : 246 timesPDF - 107 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.