PENGETAHUAN GURU IPS TERPADU SMP/SEDERAJAT KECAMATAN SUNGAI TABUK TENTANG KURIKULUM 2013

Fahmi Azhari, Eva Alviawati, Karunia Puji Hastuti

Abstract


Judul dalam penelitian ini adalah “Pengetahuan Guru IPSTerpadu SMP/Sederajat Kecamatan Sungai Tabuk Tentang Kurikulum 2013’’, disusun oleh Fahmi Azhari. Dosen pembimbing I: KaruniaPujiHastuti, M.Pd dan dosen pembimbing II: Eva Alviawati, S.Pd.,M.Sc. Penelitian ini bertujuanmengetahui pengetahuan guru IPS Terpadu SMP/Sederajat Kecamatan Sungai Tabuk tentang kurikulum 2013.

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua guru IPSTerpadu SMP/Sederajat Kecamatan Sungai Tabuk  yang berjumlah 19 orang. Sampel diambil secara penuh  sebanyak 19 orang Guru IPSTerpadu SMP/Sederajat Kecamatan Sungai Tabuk. Data primer diperoleh melalui observasi dilapangan, wawancara dan kuesioner (angket), sedang data sekunder diperoleh dari Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama, sumber buku/literatur dan Sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama/Sederajat. Teknik analisis data menggunakan rumus banyak kelas, panjang kelas interval dan persentase.

            Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pengetahuan guru tentang kurikulum 2013 sangat rendah, rendah dan agak rendah sebanyak 14 guru dengan persentase 73,4%, membuktikan pengetahuan guru masih rendah dengan belum pernah mengikuti bimbingan teknis maupun pelatihan kurikulum 2013 sehingga hanya sedikit mengetahui tentang  isi dan pelaksanaan kurikulum 2013, belum meratanya pelatihan kurikulum 2013 yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan sehingga hanya sebagian guru saja yang sudah mengikuti kurikulum 2013, dan belum meratanya distribusi buku sekolah elektronik Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu kurikulum 2013 yang merupakan buku pegangan guru.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Guru, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

DepartemenPendidikanNasionalRepublik Indonesia. Undang-undangRepublikIndonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikan Nasional.Jakarta:2003.

DepartemenPendidikanNasional. 2003. KamusbesarBahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta :BalaiPustaka

Hamalik, Oemar. 2003. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PenerbitBumiAksara.

Idi, Abdullah. 2006. Pengembangan Kurikulum. Teori dan Praktik. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Margono, S.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Erlangga.

Masduki, M. Y. M. Ngadiyana. Eliani Dharmanata. 1990. Statistika Pengajaran. Banjarmasin. Lambung Mangkurat University Press.

Muzamiroh, M.L. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta:Kata Pena.

Ngadiyana, dkk. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarmasin: Yogyakarta: Eja Publisher.

Notoatmodjo, S.2007. Pengetahuandan Tingkat Pengetahuan. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Nurfuadi, 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto. Stain Press.

PeraturanMenteriPendidikandan KebudayaanNomor 68 Tahun 2013 TentangKerangkaDasardan StrukturKurikulumSekolahMenengahPertama/Madrasah Tsanawiyah. 2013.

Sugiyono. 2003. MetodePenelitianBisnis. Bandung. PusatBahasaDepdiknas.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadi, 2006. Guru Powerful. Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v1i1.1394

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License