MOTIVASI PRIA KECAMATAN TELAGA LANGSAT KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA

Erni Jayanti, Karunia Puji Hastuti, Eva Alviawati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Motivasi Pria Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dalam Program Keluarga Berencana”. Tujuan penelitian adalah mengetahui motivasi pria Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam program  Keluarga Berencana.

            Populasi dalam penelitian ini yaitu Pria Pasangan Usia Subur (PUS) yang tidak ikut dalam program Keluarga Berencana dengan jumlah 1797 menggunakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampel random, yaitu semua pria pasangan usia subur Kecamatan Telaga Langsat yang tidak ikut dalam program keluarga berencana memperoleh kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel yaitu dengan melihat pada tabel Morgan diperoleh sampel berjumlah 317 pria pasangan usia subur. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer yang diperoleh dari angket dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan studi pustaka. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik persentase.

            Hasil penelitian menunjukkan motivasi adalah suatu dorongan yang menggerakkan seseorang untuk mengikuti suatu hal. Motivasi pria Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam program KB yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang mempengaruhi pria untuk tidak ikut KB. Motivasi intrinsik yang mempengaruhi pria tidak ikut KB yaitu persepsi bahwa KB adalah urusan wanita atau istri, tingkat pendidikan, kurangnya pengetahuan mengenai KB, dan khawatir akan mengurangi kejantanan. Motivasi ekstrinsik yang mempengaruhi pria tidak ikut KB yaitu rendahnya kualitas dan aksesibilitas terhadap informasi dan pelayanan KB, pilihan KB pria yang terbatas yaitu kondom dan vasektomi, kurangnya dukungan dari para tokoh.

 

Kata Kunci : Motivasi, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Program Keluarga Berencana.


Full Text:

PDF

References


Anapah, Yoseph dkk. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Akseptor Keluarga Berencana Pria tentang Vasektomi serta Dukungan Keluarga dengan Pertisipasi Pria dalam Vasektomi di Kecamatan Tejakuk Kabupaten Buleleng. Surakarta:Magister Kedokteran Keluarga Universitas Negeri Sebelas Maret.

Anggraini, Lilis. 2012. Hubungan antara Faktor Sosial dan Faktor Pribadi dengan Keputusan Pasangan Usia Subur Tidak Ikut Program Keluarga Berencana di Desa Barabai Darat Kecamatan Barabai. Banjarmasin: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Anonim, Definisi Akseptor, (Online), (http://www.artikata.com/arti-318230-akseptor.html, diakses 3 Desember 2013).

Anonim, Akseptor KB, (Online), (http://www.mitrariset.com/Akseptor_KB.html, diakses 11 Desember 2013).

Budisantoso, Saptono Iman. 2008. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Pria dlam Keluarga Berencana di Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Semarang:Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

BKKBN. 2006. Partisipasi Pria dalam KB dan Kesehatan Reproduksi, Jakarta: BKKBN.

Bungin, Burhan. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: IKAPI.

Hasibuan.2005.(Online),(www.google.co.id.repository,USU.co.id.Otstream/123456789125447 / Chapter % 2011, diakses tanggal 3 Desember 2013)

Istiqomah,Andrianty. 2012. Partisipasi Pria dalam Keluarga Berencana di Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Tasikmalaya:Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi.

Koordinator Statistik Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 2010. Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam Angka Tahun 2010. Hulu Sungai Selatan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

¬¬______________________________________________. 2011. Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam Angka Tahun 2011. Hulu Sungai Selatan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

______________________________________________. 2012. Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam Angka Tahun 2012. Hulu Sungai Selatan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Koordinator Statistik Kecamatan Telaga Langsat. 2013. Kecamatan Telaga Langsat dalam Angka Tahun 2013. Hulu Sungai Selatan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Panjaitan, Masriati. 2013. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik terhadap Keikutsertaan Pria Menjadi Akseptor KB Metode Operasi Pria (MOP) di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Pakam. Medan:Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan. 2009. Laporan Hasil Pelaksanaan Gerakan Keluarga Berencana Nasional. Hulu Sungai Selatan: BKKBN.

_________________________________________________________________________________________________________. 2010. Laporan Hasil Pelaksanaan Gerakan Keluarga Berencana Nasional. Hulu Sungai Selatan: BKKBN.

_________________________________________________________________________________________________________. 2011. Laporan Hasil Pelaksanaan Gerakan Keluarga Berencana Nasional. Hulu Sungai Selatan: BKKBN.

_________________________________________________________________________________________________________. 2012. Laporan Hasil Pelaksanaan Gerakan Keluarga Berencana Nasional. Hulu Sungai Selatan: BKKBN.

_________________________________________________________________________________________________________. 2013. Laporan Hasil Pelaksanaan Gerakan Keluarga Berencana Nasional. Hulu Sungai Selatan: BKKBN.

Pinem, Saroha. 2009. Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Jakarta: Trans Info Media.

Siagian, 2009. Teori Motivasi Dua Faktor, (Online), (www.google.co.id/fred 1607,wordpress.com>psikologi. diakses tanggal 3 Desember 2013)

Sibagariang, Eva Ellya dkk. 2010. Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Trans Info Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, Ari. 2011. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika.

Ngadiyana, Y.M. dkk. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Eja Publisher.

Wahyuni, Chamnah. 2012. Mekanisme Operasional Pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Lini Lapangan. Jakarta: BKKBN.

Wirosuhardjo, Kartomo dan Eko Gianiarto. 2010. Kebijakan Kependudukan. Dalam Sri Moertiningsih Adioetomo dan Omas Bulan Samosir (Eds). Dasar-Dasar Demografi (hal : 26-277). Jakarta: Salemba Empat.

Yasin, Mohammad dan Sri Moertiningsih Adioetomo. 2010. Demografi : Arti dan Tujuan. Dalam Sri Moertiningsih Adioetomo dan Omas Bulan Samosir (Eds). Dasar-Dasar Demografi (hal : 1-19). Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v1i2.1400

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License