PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 BANJARMASIN

Dessy Dwi Ariyani, Karunia Puji Hastuti, Eva Alviawati

Abstract


Penelitian berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Banjarmasin”. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Banjarmasin.

Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin dengan jumlah 235 siswa, dengan sampel sebesar 235 siswa menggunakan teknik Sampel Penuh. Data primer diperoleh melalui observasi di lapangan dan penyebaran angket, sedang data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik persentase dan Korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif antara pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar dengan rhitung =0,025, tetapi tidak ada signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar karena rtabel 5% =0,129>rhitung =0,025<rtabel 1% =0,169.

 

Kata Kuci: Pemanfaatan TIK, Sumber Belajar, Prestasi Belajar, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2013: Pengertian Prestasi Belajar Siswa. (Online). http://ppg- pgsd.blogspot.com/2013/01/pengertian-prestasi-belajar-siswa.html. diakses 08 Desember 2013.

Ariani, Niken. dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah (Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosfektif). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Cetakan ke-14. Rineka Cipta, Jakarta.

Bachrintania, A.F. 2012. Pengaruh Pemafaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Everani, A. 2012.Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Reguler B Universitas Lambung Mangkurat.Skripsi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNLAM.

Hariningsih, S.P. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unlam. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pendidikan Geografi FKIP Unlam, Banjarmasin.

Luficha, ggugut. 2012. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli.(Online). (http://PENGERTIAN PRESTASI BELAJAR MENURUT PARA AHLI.html, diakses 17 Januari 2014).

Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Prasetyo, Bambang. dan L. M. Jannah. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasinya. Cetakan ke-8. Rajawali Pers, Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudijono. 2004. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetaka ke-16. Alfabeta, Bandung.

Syaiful Bahri. Djamrah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 2. Jakarta: Sisdiknas.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v1i3.1415

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License