FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN

Muhammad Azizirrahman, Ellyn Normelani, Deasy Arisanty

Abstract


Penelitian ini berjudul “Faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas pada Daerah Rawan Kecelakaan di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kecamatan Banjarmasin Tengah dan memetakan daerah rawan kecelakaan di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Sampel penelitian berjumlah 21 ruas jalan daerah rawan kecelakaan yang diambil dengan sampel penuh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif Penentuan sampel menggunkaan metode insidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.

Berdasarkan hasil analisis, faktor penyebab yang memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas pada 21 ruas jalan daerah rawan kecelakaan di Kecamatan Banjarmasin Tengah adalah faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor jalan. Faktor penyebab yang memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas pada 21 ruas jalan daerah rawan kecelakaan saat hari libur adalah faktor kendaraan sebanyak 7612 pelanggaran faktor kendaraan dari 14720 semua pelanggaran kendaraan bermotor pada 21 ruas jalan daerah rawan kecelakaan, sedangkan saat hari kerja adalah faktor manusia sebanyak 8262 pelanggaran faktor manusia dari 16126 semua jenis pelanggaran kendaraan bermotor pada 21 ruas jalan daerah rawan kecelakaan. Selain faktor manusia dan faktor kendaraan, faktor jalan juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas karena dari hasil observasi yang dilakukan terdapat jalan gelap pada 18 ruas jalan dari 21 ruas jalan, jalan tanpa marka/ rambu pada 7 ruas jalan dari 21 ruas jalan, jalan berlubang pada 4 ruas jalan dari 21 ruas jalan, dan jalan tergenang pada 4 ruas jalan dari 21 ruas jalan.

Kata kunci: Faktor penyebab, Kecelakaan Lalu Lintas, Daerah Rawan Kecelakaan


Full Text:

PDF

References


Abidin, Hasanuddin Z. 2007, Konsep Dasar Pemetaan. Bandung: Kelompok Keilmuan Geodesi Institut Bandung

Adisasmita, S. A. 2012, PerencanaanInfrastruktur Transportasi Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Arisanty, Deasy. 2008. Diktat SIG. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

BPS, 2010, Badan Pusat Statistik

Manalu, Gom-gom E P. 2013. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Tebing Tinggi. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia Februari 1997.1997. Jakarta: PT. Bina Karya.

Manurung, J.R.H. 2012, Hubungan Faktor-Faktor Penyebab Dan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Pada PengendaraSepeda Motor Di Kota Medan Tahun 2008 – 2010. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Ngadiyana, dkk. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Yogyakarta: Eja Publisher

Paryono, P. 1994. Sistem Informasi Geografis, Yogyakarta: Andi Offset

Republik Indonesia, 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Republik Indonesia, 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Simanjuntak, Erwin Hasudungan. 2009. Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Anak dalam Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Polres Kabupaten Labuhan Batu. tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

Sinaga, Mailani K. 2012. Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Medan Tahun 2010. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grapindo

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zayu, P. W. 2012, Studi Kecelakaan Lalu Lintas dengan Metode 'Revealed Preference' di Kota Padan. Forum Penelitian, 1 (1): 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v2i3.1421

Article Metrics

Abstract view : 580 times
PDF - 1497 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

             

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License