UPAYA PETANI MENINGKATKAN PRODUKSI PADI DI DESA TABIHI KECAMATAN PADANG BATUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Gusti Thamrin Ihsan, Deasy Arisanty, Ellyn Normelani

Abstract


Penelitian ini berjudul “Upaya petani meningkatkan produksi padi di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya petani dalam meningkatkan produksi padi di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Populasi dari penelitian ini adalah kelompok tani yang ada di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 8 kelompok dengan jumlah total 245 jiwa. Sampel dalam penelitian ini adalah para petani padi yang masuk dalam kelompok tani di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yaitu sebanyak 245 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, sedangkan data sekunder menggunakan teknik studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik persentase untuk mengetahui besarnya persentase dari tiap pertanyaan yang diajukan dalam kuisioner, dan rumus aturan Sturges untuk mengetahui klasifikasi upaya petani dalam meningkatkan produksi padi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya petani untuk meningkatkan produksi padi di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan yaitu dengan intensifikasi pertanian, penggunaan bibit unggul yang baik yaitu jenis bibit unggul nikongga, cihirang, dan infari 12. Mengolah lahan pertanian secara tepat dengan menggunakan alat traktor, tajak, dan cangkul. Pengaturan saluran irigasi melalui bendungan yang dibuat oleh pemerintah. Pemberian pupuk sesuai aturan, penggunaan pupuk yang baik yaitu pupuk urea, ponksa, SP 36, dan organik serta skala pemupukan lahan sebanyak 1 - 4 kali. Pemberantasan organisme hama yang merusak lahan.

Kata Kunci: upaya, peningkatan, produksi padi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Bustanul. 2013. Meningkatkan Produktivitas Pertanian guna Mewujudkan Ketahanan Pangan dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas. 15 (2). 2013

Badan Penyuluh Pertanian. 2012. Program Penyuluh Pertanian, Perikanan, Perkebunan dan Kehutanan Kecamatan Padang Batung: Padang Batung 2012.

Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 2012. Luas Lahan Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan, 2012. Hulu Sungai Selatan: Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan. 2014. Luas Lahan, Luas Panen dan Produksi Padi Kalimantan Selatan, 2014. Kalimantan Selatan: Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan 2014

Ginting, Albina Br. 2012. Kontribusi Usahatani Padi Dan Usaha Sapi Potong Terhadap Pendapatan Keluarga Petani Di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.

Hayati, Ni’mah. 2012. Upaya Meningkatkan Produksi Padi di Desa Puntik Tengah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unlam Banjarmasin.

Mirsad, Muhammad. 2012. (http://pengetahuanmirsad.blogspot.com/2012/01/ manajemen-produksi.html). Online. Diakses pada 04 Juni 2015 Jam 17.40 Wita.

Profil Desa Tabihi. 2008. Desa Tabihi, 2008. Padang Batung: Profil Desa Tabihi 2008

Sembiring H., Daniel M., 2002. Prospek pengembangan pengelolaan tanaman terpadu padi sawah di Sumatera tahun 2009.

Soekartawi. 2010. Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v3i2.1459

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 970 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

             

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License