FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOBILITAS ULANG ALIK PENDUDUK KECAMATAN TAMBAN MENUJU KOTA BANJARMASIN

Rabul Alamin, Sidharta Adyatma, Deasy Arisanty

Abstract


Judul penelitian adalah “faktor yang mempengaruhi mobilitas ulang alik penduduk Kecamatan Tamban menuju Kota Banjarmasin”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mobilitas ulang alik penduduk Kecamatan Tamban menuju Kota Banjarmasin.

Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Kecamatan Tamban yang melakukan mobilitas menggunakan transportasi sungai sebanyak 1000 orang perhari. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Morgan dengan tingkat ketelitian sebesar 5% yaitu sebanyak 278 sampel. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi dokumen, studi kepustakaan dan internet. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendorong responden yang melakukan mobilitas ulang alik ke Kota Banjarmasin bagi yang bekerja adalah karena kurangnya lapangan pekerjaan di daerah asal, bagi yang sekolah karena terbatasnya fasilitas pendidikan didaerah asal dan ditambah semakin baiknya sarana transportasi dari daerah asal menuju Kota Banjarmasin. Faktor penarik responden yang melakukan mobilitas ulang alik ke Kota Banjarmasin bagi yang bekerja karena untuk mencukupi kebutuhan. Bagi yang sekolah karena pilihan jurusan yang beragam, bagi yang berwisata karena banyak tersedia tempat hiburan, bagi yang ke pasar karena harga yang lebih murah dari daerah asal dan karena ada keluarga yang dikunjungi.

 

Kata Kunci : Mobilitas Ulang Alik, Faktor Pendorong dan Faktor Penarik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2012. Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial Ekonomi Indonesia. Katalog BPS : 3101015

Badan Pusat Statistik .2012. Banjarmasin Dalam Angka 2012. Banjarmasin.

Indriani, P. 2010. Analisis Keputusan Tenaga Kerja Menjadi Commuter.Skripsi. Semarang: Program Sarjana Universitas Diponegoro SEMARANG.

Iskandar.2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: referensi (gaung persada press group).

Pangaribuan, K.H .2013. Analisis Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan Daerah Asal, Jumlah Tanggungan, dan Status Perkawinan terhadap Keputusan Migrasi Sirkuler Ke Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Universitas Diponegoro SEMARANG..

Puspitasari, A.Y. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Migrasi Sirkuler Ke Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Universitas Diponegoro SEMARANG.

Putri, H.P. 2010. Analisis Disparitas Pendapatan Kabupaten Kendal. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Universitas Diponegoro SEMARANG.

Sanis, P.A. 2010. Analisis Pengaruh Upah, Lama Migrasi, Umur, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Migrasi Sirkuler Penduduk Salatiga Ke Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Universitas Diponegoro SEMARANG.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tetya, O. 2010. Analisis Kesenjangan Pendapatan Di Provinsi Kalimantan Selatan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Tesis. Jakarta: Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v2i1.1463

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 1440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License