HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA KORPRI BANJARMASIN

Syahruddin Syahruddin, Deasy Arisanty, Karunia Puji Hastuti

Abstract


Penelitian ini berjudul Hubungan Pemanfaaatan Media Pembelajaran Geografi Dalam Proses Pembelajaran dengan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Korpri Banjarmasin, di susun oleh Syahrudin. Dosen pembimbing I : Dr. Deasy Arisanty, M.Sc dan dosen pembimbing II : Karunia Puji Hastuti, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan pemanfaatan media pembelajaran geografi dengan minat belajar siswa kelas X SMA Korpri Banjarmasin.

Populasi dalam penelitian ini adalah 1 guru geografi dan siswa kelas X SMA Korpri Banjarmasin berjumlah 133 orang. Data primer di peroleh melalui observasi, angket atau koesioner dan wawancara. Data sekunder di peroleh dari Dinas Pendidikan Banjarmasin, dan SMA Korpri Banjarmasin, metode dalam penelitian ini adalah deskritif dan kuantitatif.

Berdasarkan uji hipotesis bahwa Nilai r hitung 0,277 terletak di antara 0,200 sampai 0,400 pada Tabel Interpretasi Nilai r yang menunjukkan ada hubungan pemanfaatan media pembelajaran geografi dalam proses pembelajaran dengan minat belajar siswa kelas X SMA Korpri Banjarmasin akan tetapi masih rendah.

Kata Kunci : Media, Minat, Siswa


Full Text:

PDF

References


Arief, Sadiman S. 2002. Media Pendidikan.. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran (Teori dan Praktik). [Online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/196105011986011ZAINAL_ARIFIN/Silabus_Evaluasi_Pembelajaran/Evaluasi_Pembelajaran__Makalah_. pdf [1 Juni 2012].

Arifin, Z. (2011). “Evaluasi Pembelajaran”, dalam Bahan Ajar Training of Trainer Metodologi Pembelajaran Angkatan Ke-1 Tahun 2011 bagi Para Instruktur di Lingkungan PT. Kereta Api (Persero). Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Arsyad, Azhar. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Burgin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Dikdasmen

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, T. (2011). “Evaluasi Pembelajaran”, dalam Bahan Ajar Training of Trainer Metodologi Pembelajaran Angkatan Ke-2 Tahun 2011 bagi Para Instruktur di Lingkungan PT.Kereta Api (Persero). Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Fathoni, T. dan Riyana, C. (2009). “Komponen-Komponen Pembelajaran”, dalam Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, Oemar. 1995. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito. Masitoh. (2011). “Strategi Pembelajaran”, dalam Bahan Ajar Training of Trainer Metodologi Pembelajaran Angkatan Ke-2 Tahun 2011 bagi Para Instruktur di Lingkungan PT. Kereta Api (Persero). Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gp PresGroup.

Nurhidayati. 2006. Hubungan Antara Minat Dengan Prestasi Belajar SiswaDalam Bidan Studi Sejarah Kebudayaan Islam. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Ilmu Tarbiyah Dan KeguruanUin Syarif Hidayatullah.

Prapanca, T.A. 2012. Minat Siswa Kelas Xi Terhadap Mata Pelajaran Tata Boga Di SMA Negeri 1 Temon. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Boga Jurusan Pendidikan Teknik Boga Dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Gravindo Persada. Scanlan, CL. (2012). Instructional Media: Selection and Use. [Online]. Tersedia:http://www.umdnj.edu/idsweb/idst5330/instructional_media.htm. [04 Mei 2014]

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Susilana, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Supriati. 2013. Pemanfaatan Media Geografi SMA di Sleman. Skripsi Tata Usaha SMA KORPRI BANJARMASIN. 2014. Laporan Bulan Februari 2014. Banjarmasin: Yayasan Pendidikan Korpri Banjarmasin. Tim Dosen Pendidikan Geografi. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta : Eja Publisher.

Wibisono, Wawan. 2011. Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan media video pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI semester ganjil di SMK neger 6 semarang tahunajaran 2011/2012. Disertasi tidak di terbitkan. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v2i1.1465

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License