STRATEGI PETANI SWADAYA KELAPA SAWIT DALAM MENGELOLA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI DESA SUNGAI KUPANG JAYA KECAMATAN KELUMPANG SELATAN KABUPATEN KOTABARU

Akhbianor Akhbianor, Ellyn Normelani, Parida Angriani

Abstract


Penelitian  ini  berjudul  “Strategi  Petani  Swadaya  Kelapa  Sawit  dalam Mengelola Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Sungai Kupang Jaya Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi petani dalam mengelola perkebunannya dan mengetahui tingkat pendapatan petani.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh petani swada kelapa sawit yang berjumlah 200 dan diambil sampel sejumlah 132 orang. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer diproleh dari observasi dengan menggunakan angket, dan teknik pengumpulan data sekunder diperoleh dari Kantor Kecamatan Kelumpang Selatan, Kantor Kepala Desa Sungai Kupang Jaya, dan Mantri Tani (Penyuluh Pertanian). Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Teknik analisis data menggunakan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, strategi petani swadaya kelapa sawit Desa Sungai Kupang Jaya Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten kotabaru dalam mengelola perkebunan dari penggunaan bibit, menanam, merawat, sampai pemasaran semua dilakukan sesuai kemampuan masing-masing petani dari segi pembiayaan seperti pembelian pupuk, pembelian pestisida, jasa pemetik buah, biaya pengangkutan, selain itu variasi luas lahan yang dimiliki, umur perkebunan dalam hal ini umur tanaman kelapa sawit setelah ditanam , dan pemasaran hasil panen yang dijual ke pengepul, KUD (Koperasi Unit Desa), dan ke perusahaan langsung yang masing-masing harga jualnya berbeda-beda.

Pendapatan petani swadaya kelapa sawit Desa Sungai Kupang Jaya Kecamatan Kelumpang Selatan dari penjualan hasil panen perkebunan kelapa sawit sangat bervariasi dari nominal paling kecil yaitu Rp.1000.000,00 sampai paling besar yaitu Rp.8.000.000,00, setelah diambil nilai rata-rata dari keseluruhan responden pendapatan petani tiap bulannya memiliki pendapatan sebesar Rp2.985.000,00 perbulan.

 Kata Kunci: Strategi, Petani Swadaya, Mengelola Perkebunan, Kelapa Sawit


Full Text:

PDF

References


Andoko, Agus & Widodoro. 2013. Berkebun Kelapa Sawit si Emas Cair. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rieka Cipta.

Cipta. Griffin. 2002. Management 7th Edition. Dalam Wisnu (Ed). Manajemen (hal: 249): 2003.

Ermi Tety dkk, 2012. analisis transmisi harga tandan buah segar (tbs) dari pabrik kelapa sawit (pks) ke petani swadaya di kelurahan sorek satu kecamatan pangkalan kuras kabupaten pelalawan. (Online) http://lib.unri.ac.id/data/images/phocadownload.pdf diakses 1 April 2014.

Hadi, S. Ahmad Rifai. dan Nurul Qomar. 2009. Industri Kelapa Sawit Rakyat di Riau Membangun Kemandirian Petani. Unri Press. Pekanbaru.

Kisawanto, dkk. 2008. Teknologi Budidaya Kelapa Sawit. Bogor. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Lestari,Mega. 2009. Pemanenan Kelapa Sawit. (Online) http://t.co/3SnkbMBa3x diakses tanggal 7 Mei 2014.

Mansyur, Hamdan. 2006. Pendidikan Kwarganegaraan. Jakarta.Gramedia Pustaka Utama.

Matnuh. 2012. Pengertian Pertanian. (Online) http://id.shvoong.com/exact-sciences/agronomy-agriculture/2318402-pengertian-petani diakses 25 Maret 2014.

Ngadiyana, dkk. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Eja Publisher.

Pardamean, Maruli. 2014. Mengelola Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Secara Professional. Jakarta:

Rinaldi , Decky. 2013. Pengelolaan Lahan Kelapa Sawit dalam Meningkatkan Pendapatan Kelompok Plasma di Serawai. Pontianak.

Setyamidjaja, Djoehana. 2006. Kelapa Sawit. Yogyakarta: Kanisus.

Sarwan, Muhrizal. 2008.Teknologi Budidaya Kelpa Sawit. Bogor. Agro Inovasi Saragih. 2001. Pembangunan Perkebunanan Kelapa Sawit, (online),

(http://t.co/9137lJm6Z diakses tanggal 20 Maret 2014)

Sugiono. 2012. Metode Penelitian( Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif Kualitatif, dan R&D). Bandung; Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Widyatmoko. 2013. Panen dan Proses Panen Kelapa Sawit, (online), (http://t.co/hyQ69SnAfc diakses tanggal 29 April 2014).

Wardoyo. 1980. Kajian Teoritis Pengelolaan, (online) http://t.co/4S9ev3CAw6 diakses tanggal 20 Maret 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v2i2.1469

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 1133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

             

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License