MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNLAM UNTUK MENGIKUTI KEGIATAN SEMINAR GEOGRAFI
Abstract
Penelitian ini berjudul “Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fkip Unlam Untuk Mengikuti Kegiatan Seminar Geografi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM Tahun angkatan 2011 dan angkatan 2012 untuk mengikuti Kegiatan Seminar Geografi (ABBA576).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif yang memaparkan data ringkas dan sederhana untuk mengetahui deskripsi sebuah gejala, fenomena atau fakta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2011 dan angkatan 2012 tahun ajaran 2013-2014 sebanyak 172 orang mahasiswa, semua populasi dijadikan sampel yaitu 172 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah Rumus Banyak Kelas Interval, Rumus Panjang Kelas Interval dan Analisis Persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dengan responden yaitu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM Angkatan 2011 dan 2012 tentang Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM untuk mengikuti kegiatan seminar geografi (ABBA576), maka dapat diketahui bahwa Motivasi Mahasiswa Angkatan 2011 berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu sebanyak 61 Mahasiswa dengan persentase 79,22%, sedangkan Motivasi Mahasiswa Angkatan 2012 berada dalam kategori Agak tinggi, tinggi dan sangat tinggi yaitu sebanyak 71 Mahasiswa dengan persentase 74,73%.
Kata kunci : Motivasi Mahasiswa, Seminar Geografi
Full Text:
PDFReferences
Pamuji. 2013. Karakter Mahasiswa Angkatan Tahun 2012 Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: FKIP UNLAM.
Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan. 2010. Pedoman Akademik Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Lambung Mangkurat.
Ngadiyana, dkk. 2011. Prosedur Operasional Standar (POS). Yogyakarta: Eja Publisher.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kadir. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. (Online), (http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/UU20-2003-Sisdiknas.Pdf, di akses 29 April 2014).
Yosevine. 2005. Pengaruh Kepuasan Mahasiswa Terhadap Minat Mengikuti Seminar Akademis di Universitas Kristen Maranatha. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2012. Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: FKIP UNLAM.
Sudijono. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ambarjaya. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran (Teori & Praktik). Yogyakarta: CAPS
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Masduki, M. Dkk. 1990. Pengantar Statistika. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v2i2.1470
Article Metrics
Abstract view : 444 timesPDF - 297 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.