PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TANJUNG PAGAR TERHADAP IPAL V TANJUNG PAGAR KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN

Muhammad Roby, Deasy Arisanty, Eva Alviawati

Abstract


Penelitian ini berjudul ”Persepsi Masyarakat Kelurahan Tanjung Pagar Terhadap IPAl V Tanjung Pagar Kecamatan Banjarmasin Selatan”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar IPAL V Tanjung Pagar yaitu Rt. 19 dan Rt. 23 di Kelurahan Tanjung Pagar (Tata Banua) dan untuk mengetahui persepsi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar IPAL V Tanjung Pagar yaitu Rt. 19 dan Rt. 23 di Kelurahan Tanjung Pagar (Tata Banua).

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang bermukim di sekitar IPAL V Tanjung Pagar Kelurahan Tanjung Pagar (Tata Banua) Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Masyarakat yang bermukim disekitar IPAL V Tanjung Pagar adalah RT. 19 dan RT. 23 yang memiliki jumlah 350 Kepala Keluarga. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer yang diperoleh dari angket dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan studi pustaka. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik persentase.

Hasil penelitian ini adalah identifikasi faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Kelurahan Tanjung Pagar terhadap IPAL V Tanjung Pagar, dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Kelurahan Tanjung Pagar adalah baik terhadap keberadaan IPAL V Tanjung Pagar di Kelurahan Tanjung Pagar Kota Banjarmasin. Bukti dari respon positif tersebut terlihat dari beberapa faktor meliputi dari faktor sikap, motif, kepentingan, pengalaman dan pengharapan yang ada pada diri masyarakat Kelurahan Tanjung Pagar sesuai dengan jawaban di koesionerpenelitian. 

Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, IPAL


Full Text:

PDF

References


Ariani, Niken. dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah (Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosfektif). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Cetakan ke-14. Rineka Cipta, Jakarta.

Bachrintania, A.F. 2012. Pengaruh Pemafaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Everani, A. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Reguler B Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNLAM.

Hariningsih, S.P. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unlam. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pendidikan Geografi FKIP Unlam, Banjarmasin.

Luficha, ggugut. 2012. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli.(Online). (http://pengertian prestasi belajar menurut para ahli.html, diakses 17 Januari 2014).

Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Prasetyo, Bambang. dan L. M. Jannah. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasinya. Cetakan ke-8. Rajawali Pers, Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudijono. 2004. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetaka ke-16. Alfabeta, Bandung.

Syaiful Bahri. Djamrah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 2. Jakarta: Sisdiknas.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v2i2.1473

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License