PENGARUH JEJARING SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT

Aida Rismana, Ellyn Normelani, Sidharta Adyatma

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat.

Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas IX di Kecamatan Banjarmasin Barat. Sampel yang dijadikan responden diambil berdasarkan perhitungan proposional random sampling sehingga mewakili jawaban pada wilayah yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian menggunakan metode observasi dan metode kuisioner, pengumpulan data sekunder menggunakan metode studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Korelasi product moment dan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat, karena nilai rxy bernilai 0,4385 lebih besar dari r tabel 1% yang menghasilkan angka 0,1128 dan tabel 5%  dari tabel r menghasilkan angka 0,1478 sehingga nilai rxy lebih besar dari r tabel 1% dan r tabel 5% yaitu 0,1128<0,4385>0,1478. Dari hubungan yang signifikan diatas juga diperoleh pengaruh yang signifikan antara penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi di Kecamatan Banjarmasin Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil analisis dari analisis regresi menunjukan hasil analisis regresi memperoleh harga Freg= 74,03. Harga Freg lebih besar dari pada harga tabel F baik taraf signifikan 5% maupun 1%, yaitu 3,889<74,03>6,759. Artinya ada pengaruh yang negatif dan hubungan yang tinggi antara penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMP kelas IX di Kecamatan Banjarmasin Barat.

 

Kata Kunci : Pengaruh Jejaring Sosial, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Resti Afrianingrum dan Sri Mulyono. 2012. Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Aktrifitas Belajar Mahasiswa Fakultas Komputer Institut Bisnis Nusantara.(online), (www.slideshare.ne) diakses pada tanggal 30 Oktober 2015, pukul 20:00 WITA.

Wijayanto, Tommy. 2014. Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas XI Di SMKN 1 Sayegan. (Online), (http://eprints.uny.ac.id) diakses pada tanggal 28 Februari 2016, pukul 20.00 WITA.

Nur Sholikah, Moh. Saifudin. 2013. Hubungan Intensitas Penggunaan Facebook Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa S1 Keperawatan Semester II Stikes Muhamadiyah Lamongan. (Online), Vol. 03, No. XVI, Desember 2013, (academia.edu) diakses pada tanggal 13 Maret 2016, pukul 09:00 WITA.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyono, Teguh. 2009. Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis, Design). Surabaya: Usaha Nasional.

Vahluvi, Wina. 2014. Pengaruh Media Sosial bagi Remaja. (Berita Online), (http://www.medanbisnisdaily.com) diakses pada tanggal 28 Februari 2016, pukul 20.30 WITA.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v3i5.2299

Article Metrics

Abstract view : 8702 times
PDF - 6382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

                  

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License