IMPLEMENTASI PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ) PT. ADARO INDONESIA BIDANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Rifenti Herlinda Wandina, Deasy Arisanty, Ellyn Normlenai

Abstract


Penelitian ini berjudul Implementasi program CSR PT. Adaro Indonesia bidang pendidikan di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan program CSR PT. Adaro Indonesia bidang pendidikan meliputi beasiswa, infrastruktur, peningkatan kompetensi pendidik dan sekolah adiwiyata.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu informan kunci dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen dan studi kepustakaan. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dilaksanakan oleh PT. Adaro Indonesia terlaksana dengan baik dan efektif, namun ada ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya seperti ada sekolah yang pernah diberi bantuan, perihal laporan berita acara untuk arsip pihak sekolah ada yang tidak memiliki dan membuat pihak sekolah kesusahan menginput data atau barang yang termasuk hibah. Tetapi dari beberapa jenis program CSR dapat membuat sekolah lebih maju dan bisa membawa nama baik sekolahnya di tingkat nasional melalui program adiwiyata yang didapat dari pelatihan dan dikembangkan lebih lanjut sampai sekarang.

 

Kata kunci: implementasi, tanggung jawab, pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Ahsan, Afif, Julianto. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas IV SDN Magersari Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2. No 2. Tahun 2014. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya (http://ejournal.unesa.ac.id, diakses pada tanggal 26 Mei 2016).

Hasadi, Hasa Noor. 2014. Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) Terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat di Desa Tanjung Mangkuk, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Julianda, Hijriah. 2013. Implementasi Corporate Social Responsibility pada PT. Markuni Internasional Indonesia. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Hasanuddin. (http:// unhas.ac.id, diakses tanggal 1 Maret 2015).

Mapisangka, Andi. 2009. Implementasi CSR terhadap Kesehjateraan Hidup Masyarakat. Jurnal JESP Vol.1, No. 1. (http://um.ac.id, diakses tanggal 15 Februari 2015).

Mulyandari, Retno, Wasidi Swastomo, Tri Wibowo, Cahyono, Situmeang dan Ilona. 2010. Implementasi CSR dalam mendukung pengembangan peran Pendidikan. Makalah. Institut Pertanian Bogor. (Seminar Nasional “ Komunikasi Pembangunan Mendukung Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Kerangka Pengembangan Masyarakat” di Bogor tanggal 19 November 2010). (http://ipb.ac.id, diakses tanggal 17 April 2015).

Nasruddin. 2008. Evaluasi Program Pengembangan Masyarakat Bidang Ekonomi Perusahaan Minyak dan Gas Bumi di Kecamayan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2006. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Pramudia, Joni Rahmat. 2006. Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Berorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 3, No. 1 Nopember 2006: 29-28. (http://, diakses tanggal 12 Mei 2016).

Sari, Novi Nur Indah, Achmad Fauzi dan Sunarti. 2014. Pengaruh CSR Terhadap Citra (Survei pada Masyarakat yang Bekerja di Pabrik Gula Kebon Agung yang Bertempat Tinggal di Daerah Kebon Agung Malang). Malang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8. No. 2 Maret 2014. (http:// portalgaruda.org, diakses tanggal 27 Februari 2015).

Simorangkir, Theodrik dan Arifah, Ninuk. (Eds). 2009. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta: Departemen Hukum dan HAM RI.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Budi. Jurnal Implementasi Corporate Social Responsibility Pada PT. Aqua Danone. (http://gunadarma.ac.id, diakses tanggal 24 Februari 2015).

Triyanto, Eko, Sri Anitah, Nunuk Suryani. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1. No. 2. Hal 226-238. Tahun 2013. Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surakarta. (http://jurnal.pasca.uns.ac.id, diakses pada tanggal 25 Mei 2016).

Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 74 Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. (http://hukumonline.com., diakses tanggal 14 Maret 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v3i6.2827

Article Metrics

Abstract view : 609 times
PDF - 663 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License