FAKTOR PENYEBAB PENGEMBANG MEMILIH LOKASI PERUMAHAN DI KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR

Vonny Lollyanti, Ellyn Normelani, Sidharta Adyatma

Abstract


Penelitian berjudul “Faktor Penyebab Pengembang Memilih Lokasi Perumahan di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor penyebab pengembang memilih lokasi perumahan di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Penelitian menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik perumahan atau pengembang perumahan di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Data primer diperoleh melalui observasi lapangan, penyebaran kuesioner (angket), dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor pemilihan lokasi pembangunan perumahan sangat menetukan dalam pembangunan perumahan terutama pada faktor tanah/lahan, faktor aksesibilitas dan faktor kenyamanan lingkungan. Apabila ketiga faktor tersebut terpenuhi maka pemasaran perumahan dapat dilakukan dengan mudah karena banyak pembeli yang tertarik untuk membeli perumahan dilokasi tersebut.

Kata Kunci : Perumahan, faktor pembangunan perumahan dan pengembang perumahan.


Full Text:

PDF

References


Kecamatan Sungai Tabuk Dalam Angka. Sungai Tabuk. Badan Pusat Statistik

Budihardjo, Eko. 2004. Arsitektur Dan Kota di Indonesia. Bandung: Alumni

Paruntung, Malla. 2004. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Perumahan Perumnas IV Padang Bulan Kota Jayapura. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Magister perencanaan pembangunan wilayah dan kota Universitas Diponegoro, (online). (http://eprints.undip.ac.id/11446/1/2004MPPWK2831.pdf. di akses 12 Juli 2015, Pukul 17.00 WITA)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, (online) (http:portal.mahkamahkonstitusi.go.id/eLaw/lihat_pdf diakses 12 Juli 2015, Pukul 17.00 Wita).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i1.3025

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 1215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License