PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Siti Nurhamidah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis secara individu dan kelompok pada materi interaksi keruangan desa dan kota dalam pembelajaran geografi dengan menggunakan model problem based learning.

         Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan penilaian serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMAN 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017.

         Data diperoleh melalui observasi/ pengamatan, tes dan dokumentasi.

Observasi yang dilaksanakan untuk mengetahui aktifitas guru dalam pembelajaran dan keaktifan siswa dalam pembelajaran kelompok. Tes yang dilaksanakan berupa pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa secara individu sedangkan tes kelompok untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kelompok.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPS SMAN 6 Banjarmasin. Hal ini ditunjukkan dengan :

1) rata-rata hasil belajar siswa meningkat, dari 71,4 pada saat pretest siklus 1 menjadi 82,9 pada saat postest siklus 3. 2) rata-rata hasil belajar kelompok  meningkat, dari 71,4 pada siklus 1 menjadi 80,4 pada siklus 2 dan meningkat menjadi 84.4 pada siklus 3.  3) skor rata-rata kemampuan kritis siswa  meningkat, dari 34 pada siklus 1 (pretest) meningkat menjadi 39,8 pada siklus 3 (postest).  4) skor rata-rata kemampuan kritis kelompok  meningkat, dari 11,8 pada siklus 1 meningkat menjadi 12,9 pada siklus 2 dan meningkat lagi menjadi 13,5 pada siklus 3.

Kata kunci : PBL, hasil belajar, berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem based

Learning. Jakarta : Prenaga Media Group

http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-

kreatif-dalam-pembelajaran. Diakses tanggal 26 Januari 2016

Kemdkbud, 2014.Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nur, Mohamad. 2008.Model Pembelajaran berdasarkan Masalah.Surabaya:

Unesa Press

Rusmono. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu

Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia

Indonesia, 2012

Sumarmi, 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media

Wardoyo, Sigit Mangun. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akamedia

Permata, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i2.3399

Article Metrics

Abstract view : 696 times
PDF - 983 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

                  

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License