ANALISIS KOMPETENSI GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMA NEGERI KOTA BANJARMASIN

Selamat Riadi, Ellyn Normelani

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis kegiatan untuk pengembangan profesionalisme guru. PTK merupakan jenis penelitian yang dapat dilaksanakan guru dalam kelasnya yang kemudian hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajarannya. Keresahan dari guru sekarang ini salah satunya adalah ketidakmampuan dalam melaksanakan PTK, dikarenakan kurangnya pengalaman dan kemampuan dalam menulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui pengetahuan, pelaksanaan, permasalahan yang dihadapi guru, bentuk pembinaan dan strategi pembinaan guru dalam pelaksanaan PTK. Berdasarkan hasil penelitian, pengetahuan guru tentang pelaksanaan, tujuan, karakteristik dan manfaat PTK  masuk dalam kategori tinggi. Guru dalam pelaksanaan PTK mengalami kesulitan, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengalaman dalam menulis ilmiah. Sumber pembinaan yang didapat guru dalam melaksanakan PTK paling tinggi adalah kepala sekolah dan teman sejawat dengan bentuk pembinaan secara personal, MGMP, pelatihan dan seminar. Strategi pembinaan guru dalam melaksanakan PTK adalah adanya keterlibatan berbagai pihak, yaitu: Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, LPMP Provinsi Kalimantan Selatan, MGMP Geografi Kota Banjarmasin  dan Universitas Lambung Mangkurat.

Kata Kunci: PTK, Profesionalisme Guru, Pelaksanaan


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rama Widya.

Borg, W.R. Gall,M.D.(1997). Education Research. New York : Longman.

Ditjen PMPTK.(2010). Membimbing Guru Dalam Penelitian Tindakan Kelas Materi Pelatihan Penguatan Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Djamarah, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mohommad, Ashori. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Naim, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ritawati M., Yetti A. (2008). Hand Out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. UNP.

Suhardjono (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto, dkk. (2007).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukayati.( 2008).Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: IBRD.

Th. Sumini. 2005. Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiraatmadja Rochiati, 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i1.3406

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License