ANALISIS KOMPETENSI GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMA NEGERI KOTA BANJARMASIN
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis kegiatan untuk pengembangan profesionalisme guru. PTK merupakan jenis penelitian yang dapat dilaksanakan guru dalam kelasnya yang kemudian hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajarannya. Keresahan dari guru sekarang ini salah satunya adalah ketidakmampuan dalam melaksanakan PTK, dikarenakan kurangnya pengalaman dan kemampuan dalam menulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui pengetahuan, pelaksanaan, permasalahan yang dihadapi guru, bentuk pembinaan dan strategi pembinaan guru dalam pelaksanaan PTK. Berdasarkan hasil penelitian, pengetahuan guru tentang pelaksanaan, tujuan, karakteristik dan manfaat PTK masuk dalam kategori tinggi. Guru dalam pelaksanaan PTK mengalami kesulitan, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengalaman dalam menulis ilmiah. Sumber pembinaan yang didapat guru dalam melaksanakan PTK paling tinggi adalah kepala sekolah dan teman sejawat dengan bentuk pembinaan secara personal, MGMP, pelatihan dan seminar. Strategi pembinaan guru dalam melaksanakan PTK adalah adanya keterlibatan berbagai pihak, yaitu: Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, LPMP Provinsi Kalimantan Selatan, MGMP Geografi Kota Banjarmasin dan Universitas Lambung Mangkurat.
Kata Kunci: PTK, Profesionalisme Guru, Pelaksanaan
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rama Widya.
Borg, W.R. Gall,M.D.(1997). Education Research. New York : Longman.
Ditjen PMPTK.(2010). Membimbing Guru Dalam Penelitian Tindakan Kelas Materi Pelatihan Penguatan Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Djamarah, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mohommad, Ashori. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Naim, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritawati M., Yetti A. (2008). Hand Out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. UNP.
Suhardjono (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi, Arikunto, dkk. (2007).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukayati.( 2008).Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: IBRD.
Th. Sumini. 2005. Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiraatmadja Rochiati, 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i1.3406
Article Metrics
Abstract view : 864 timesPDF - 659 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.