HUBUNGAN BERMAIN GAMES DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT

Nahdiatul Husna, Ellyn Normelani, Sidharta Adyatma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi intensitas bermain games, motivasi belajar, dan hubungan Antara intensitas bermain games dengan motivasi belajar siswa-siswi SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IX SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat yang berjumlah 1607 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel 313 siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian adalah Deskriptif statistik dan metode analisis data yang digunakan adalah teknik distribusi frekuensi dan korelasi Product Moment. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode angket (kuesioner) sedangkan data sekunder menggunakan metode studi pustaka dan dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Intensitas bermain games siswa-siswi kelas IX SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat tergolong tinggi; 2) Motivasi belajar siswa-siswi kelas IX SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat tergolong rendah; dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bermain games dengan motivasi belajar yang ditunjukan dari koefesien korelasi sebesar 0,6733 lebih besar dari rtabel 5% dan 1% sebesar 0,1128 dan 0,1478, yang artinya semakin tinggi intensitas bermain games maka motivasi belajar semakin rendah dan semakin rendah intensitas bermain games maka motivasi belajar semakin tinggi.

 

Kata Kunci: Intensitas Bermain Games, Motivasi Belajar 


Full Text:

PDF

References


Angela. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. eJurnal Ilmu Komunikasi, (online), Vol.1, No. 2, (http://ejournal.ilkom.fisif-unmul.ac.id, diakses pada 10 September 2015, pukul 22:20 WITA).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewandari, Saptarini. 2013. Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo. Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana. (Online), (http://repository.uksw.edu, diakses pada 25 Februari 2016, pukul 7:14 WITA).

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati. 2012. Motivasi Siswa Kelas IX SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Barat Melanjutkan ke SMA/Sederajat di Banjarmasin. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM.

Fauziah, Eka Rusnani. 2013. Pengaruh Game Online terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. eJournal Ilmu Komunikasi. (online), Vol. 1, No. 3, (http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id, diakses pada 10 September 2015, pukul 22:20 WITA).

Feprinca, Dica. 2014. Hubungan Motivasi Bermain Game Online pada Masa Dewasa Awal terhadap Perilaku Kecanduan Game online Defence of The Ancients (DotA 2). Skripsi Universitas Brawijaya. (online), (psikologi.ub.ac.id, diakses pada 10 September 2015, pukul 22:40 WITA).

Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game Terhadap Perkembangan Remaja. Serpong: Surya University. (online), (kambing.ui.ac.id>ebook, diakses pada 17 Desember 2015, pukul 08: 19 WITA).

Herudin. 31 Januari 2014. Ada 25 Juta Orang Indonesia Doyan Main Game Online. Tribunnews.com, (online), (tribunnews.com, diakses pada 14 Desember 2015, pukul 18:35 WITA).

Khairani. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 9 Banjarmasin. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM.

Kristiana, Nanik. 2012. Pengaruh Game Online Sara’s Cooking Class Terhadap Minat dan Motivasi Belajar siswa Kelas X Jasa Boga pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental di SMK N 1 Sewon. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. (online), (http://eprint.uny.ac.id, diakses pada 10 September 2015, pukul 22:23 WITA).

Malahayati, Dara. 2012. Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game dengan Tingkat Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah. Skripsi Universitas Indonesia. (online), (http://lib.ui.ac.id, diakses pada 16 september 2015, pukul 17:15 WITA).

Nurhidayah. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Laporan Penelitian Dosen Universitas Ahmad Dahlan. (online), (http://journal.uad.ac.id, diakses pada 18 Oktober 2012, pukul 11:17 WITA).

Risa, Astry Anggiady. 2009. Motivasi Siswa SMP Negeri 2 Rantau terhadap Mata Pelajaran Geografi Tahun 2007/2008. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setiawan, Nugraha. 2007. Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. (online), (pustaka.unpad.ac.id, diakses pada 26 Desember 2015, pukul 17.34 WITA).

Setyowati, 2007. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang. (online), (http://lib.unnes.ac.id, diakses pada 3 Maret 2016, pukul 19:12 WITA).

Setyowati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang. (online), (lib.unnes.ac.id, diakses pada 3 Maret 2016, pukul 19:16 WITA).

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunarto dan Agung Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibowo, Adi. 2015. Hubungan Permainan Game Online dengan Penurunan Motivasi Belajar pada Siswa di SDN 1 Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2016. Karya Tulis Ilmiah Stikes Aisyah Pringsewu. (online), (http://jurnalktiku.blogspot.co.id, diakses pada 25 Februari 2016, pukul 11:08 WITA).

Wibowo, Bayu Triyas Sukmo. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Bermain Game Online dengan yang Tidak Bermain Game Online pada Kelas V SD N 60 Kota Bengkulu. Skripsi Universitas Bengkulu. (online), (http://repository.unib.ac.id, diakses pada 10 September 2015, pukul 22:20 WITA).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i3.3524

Article Metrics

Abstract view : 1444 times
PDF - 2846 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License