PENGEMBANGAN BUKU KSM BIDANG GEOGRAFI TINGKAT MADRASAH ALIYAH

Saiful Amin, Neni Wahyuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang Geografi pada jenjang Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini mengacu pada Model Pengembangan Dick dan Carey dengan tahapan: (1) analisis buku, (2) identifikasi silabus, (3) analisis materi, (4) penyusunan buku, (5) validasi ahli, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan, dan (8) revisi akhir produk buku. Instrumen yang digunakan, yaitu angket validasi ahli (materi, bahasa, desain, dan rancangan pembelajaran) dan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku KSM Bidang Geografi telah memenuhi standar layak. Hal ini terbukti dengan hasil validasi ahli dan uji coba lapangan yang menunjukkan bahwa buku KSM Bidang Geografi berada pada kualifikasi antara efektif dan sangat efektif. Untuk pengembangan lebih lanjut beberapa saran, yaitu (1) dikembangakan pada semua topik KSM Bidang Geografi yang mengacu pada silabus International Geography Olympiad (IGEO); (2) dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia; (3) dilakukan tes kemampuan siswa sebelum dan sesudah membaca buku hasil pengembangan ini dalam bentuk uji coba eksperimen.

Kata Kunci: Pengembangan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Geografi,

Madrasah Aliyah


Full Text:

PDF

References


Amin, Saiful dkk. 2016. Pengembangan Bahan Ajar (Buku Siswa) Model Kurikulum 2013 (K13) Untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas X, Semester II, Topik Hidrosfer. Malang: Laporan Penelitian FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2013. Instrumen Tahap II Penilaian Buku Teks Pelajaran Geografi SMA/MA. Jakarta: Departemen Prndidikan Nasional.

Darwati. 2010. Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Di SMA Negeri Kabupaten Semarang). Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Dick, Walter dan Carey, Lou. 2001. The Systematic Design of Intruction. Illinois: Scott Foresman and Company.

Dirjen Pendidikan Menengah. 2016. Silabus International Geography Olympiad Untuk Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Dan Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dirjen Pendis, 2017. Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Fitrissani dkk. 2014. Pengembangan Modul Kesiapsiagaan Gempa Bumi Pada Materi Geografi Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SMAN 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 1, No. 1, Agustus 2014 halaman 9 – 16.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2015. Tentang: Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2015 - 2019. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Orstein, A. C. 1990. Strategies for Effective Teaching. New York: Harper Collins Publisher.

Purwanto, Edy.dkk. 1996. Validasi Bahan Ajar IPS-Geografi SD Berdasarkan Kurikulum 1994 di Jawa Timur. Malang. Lemlit IKIP MALANG.

Saputra, Yulian Widya. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Pada Kompetensi Dasar Memahami Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi Kelas X SMA/MA Semester II Dengan Menggunakan Pendekatan Keruangan. Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.2, Jun 2015 halaman 53 – 60.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i5.3961

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 569 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License