ANALISIS PROPORSI PENGELUARAN DAN KONSUMSI PANGAN DENGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR

Hasniati Hasniati, Sidharta Adyatma, Rosalina Kumalawati

Abstract


Pangan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia untuk bertahan hidup dan keperluan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) Besarnya proporsi pengeluaran konsumsi pangan terhadap pengeluaran total, 2) Besarnya konsumsi energi dan konsumsi protein, 3) Keadaan ketahanan pangan rumah tangga petani di Kecamatan Gambut. Penelitian dilakukan di Kecamatan Gambut dengan metode penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 342 rumah tangga petani. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik observasi, kuisioner, wawancara dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah 1) proporsi pengeluaran konsumsi pangan adalah 58,22%. 2) Tingkat konsumsi energi sebesar 79,01% dan tingkat konsumsi proteinnya sebesar 116,68%. 3) Kondisi ketahanan pangan rumah tangga petani di Kecamatan Gambut berdasarkan empat kriteria ketahanan pangan adalah rumah tangga tahan pangan 50,58%, rentan pangan sebesar 35,38%, kurang pangan sebesar 7,31%, dan rawan pangan sebesar 6,73%.

Full Text:

PDF

References


Askalani. 2013. Kajian Peningkatan Ketahanan Pangan Melalui Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2kp) Di Kalimantan Selatan. Balitbangda. Kalimantan Selatan.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan. 2016. Kalimantan Selatan dalam Angka 2016. Kalimantan Selatan.

Isaac, S., and Michael, W.B. 1981. Handbook In Research And Evaluation. California: Edits Publishers.

Peraturan Pemerintah Pemerintah RI No.68 tahun 2002 tentang ketahanan pangan. Sekertaris Negara Republik Indonesia. Jakarta. 2002.

Purwaningsih, Y. 2008. Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, (Online), Jilid 9, No.1, Juni 2008, hal 1-27. (hhtp://publikasiilmiah.ums.ac.id, diakses 18 Juli 2017). Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Yudaningrum, A. 2011. Analisis Hubungan Proporsi Pengeluaran dan Konsumsi Pangan Dengan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v5i1.4983

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 107 times

Refbacks



Copyright (c) 2018 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License