HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Rosadi Abdi, Rosalina Kumalawati, Deasy Arisanty
Abstract
Proses belajar dan mengajar tidak lepas dari berbagai permasalahan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang umum ditemukan adalah minat siswa yang rendah dalam memahami mata pelajara Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada penerapan kurikulum 2013 tingkat Intelegensi (IQ) tidak menjadi acuan utama keberhasilan belajar siswa tetapi tingkat kecerdasan emosi yang lebih ditekankan dalam proses belajar. Kecerdasan emosi yang baik dapat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, membangun kesuksesan karir, dan dapat mengurangi agresivitas khususnya dalam kalangan remajaTujuan penelitian untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII SMP Negeri 1Loksado.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil kuesioner skala kecerdasan emosional dan data sekunder berupa nilai rapor yang dianalisis menggunakan metode korelasi dengan aplikasi SPSS 21.01. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Loksado sebanyak 120 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0.668. Hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar yang kuat akan membuat minat belajar menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi perkembangan prestasi belajar siswa.