KAJIAN SPASIAL DAMPAK AKTIVITAS PARIWISATA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI DI KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN

Aditya Andre Kusuma, Maharani Retno Wulandari, Ratna Dyah Ayu Meitawati, Salma Lutfiani Sochiba, Danan Puja Trenggono, Deviana Kusuma Putri

Abstract


Masyarakat Kecamatan Prambanan adalah masyarakat yang banyak terkena dampak adanya objek wisata Candi Prambanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian spasial dampak aktivitas pariwisata objek wisata Candi Prambanan terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi lapangan, dokumentasi. Teknik pemilihan responden menggunakan teknik random sampling yang dipetakan berdasarkan citra satelit Kecamatan Prambanan. Proses analisis data menggunakan analisis model interaktif mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat sudah merasakan manfaat dari adanya objek wisata di Kecamatan Prambanan. Manfaat pariwisata yang berada di Kecamatan Prambanan yang banyak mempengaruhi tingkat pengetahuan responden. Tingkat pendapatan setelah adanya pariwisata di Kecamatan Prambanan, sebagian besar desa di Kecamatan Prambanan memiliki pendapatan dengan rata-rata 0 – Rp 500.000. Berdasarkan hasil analisis peta kajian spasial dampak pariwisata terhadap Kecamatan Prambanan desa-desa yang memiliki dampak wisata tidak signifikan terhadap sosial ekonomi. Dampak dari pariwisata tidak hanya terdapat di desa yang dekat dengan pariwisata tetapi juga terdampak ke desa yang jauh dari lokasi objek wisata.

References


Biantoro, R 2014, ‘Pengaruh Pariwisata Terhadap Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Pada Kawasan Objek Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang’,Jurnal Teknik Pwk, vol.3, no. 4, hh. 1038-1047.

Kodyat, H 1983, Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pendit, N. S 1999, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Pradya Paramita, Jakarta

Rahmayanti, Y. D. 2017. Dampak Keberadaan Objek Wisata Waduk Sermo terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat di Sremo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarata. Yogyakarta.

Sholik, A 2013, ‘Pengaruh Keberadaan Obyek Wisata Makam dan Perpustakaan Bung Karno terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Pelaku Usaha Perdagangan di Sekitarnya’, Jurnal Lib Geo UGM, Vol.2, No.3, hh.1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v5i4.6983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Contact Person

  • Dr. Deasy Arisanty, M.Sc 

           0813-4826-0253 (deasyrsnt@gmail.com)

  • Aswin Nur Saputra, S.Pd., M.Sc. 

           0859-5000-5828 (aswin.geografi@gmail.com)

  • Faisal Arif Setiawan, S.Pd., M.Pd 

           0813-5813-5835 (faisal.arifsetiawan@gmail.com)

  • Pendidikan Geografi FKIP Univ. Lambung Mangkurat

           0511-6741-652 (jurnalpendidikangeografi@gmail.com)

Alamat

Jalan Brigjend Hasan Basri Kampus FKIP ULM 

Kotak Pos No. 87 Banjarmasin 70123

 

Indexed by: