IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 4 PEKANBARU)
Abstract
Aspek pembinaan penguasaan unsur-unsur Geografi yang dapat dilakukan di sekolah misalnya pengenalan letak suatu wilayah, bentuk permukaan bumi, dan sumber daya alam. Penerapan pengetahuan Geografi secara benar, maka kualitas penguasaan siswa atas materi Geografi harus ditingkatkan. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Siswa dihubungkan langsung dengan keadaan nyata kondisi di lingkungannya. Di samping itu bidang studi Geografi sangat memungkinkan untuk didesain dengan pembelajaran kontekstual karena berhubungan dengan berbagai fenomena fisik dan sosial yang ada di sekitar lingkungan siswa itu sendiri. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran Kontekstual pada pembelajaran Geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Pekanbaru secara signifikan.
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran, GeografiFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar lampung: Anugrah Utama Raharja.
Rahman, A. M., Budijanto, B., & Susilo, S. 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pola Persebaran Dan Interaksi Spasial Desa Dan Kota. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1110-1114.
Setiawan, F. A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Teknik Sinektik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: CAPS.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v6i1.6996
Article Metrics
Abstract view : 2679 timesPDF - 2181 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.