IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) GURU SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

Rina Puspita, Sidharta Adyatma, Deasy Arisanty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri yang berada di Kecamatan Banjarmasin Utara yaitu SMA Negeri 5 Banjarmasin, SMA Negeri 8 Banjarmasin, SMA Negeri 11 Banjarmasin, dan SMA Negeri 12 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bersertifikasi di SMA Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel penuh yang berjumlah 123 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu guru telah mengimplementasi TIK dalam pembelajaran termasuk kategori tinggi yaitu 84,4%. TIK dalam pembelajaran antara lain mulai dari persiapan rancangan pembelajaran, media, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran sampai pengisian raport. Implementasi TIK dalam aspek komunikasi yaitu guru berkomunikasi dengan siswa, orang tua siswa, sesama guru, komite sekolah dan warga sekitar lingkungan sekolah termasuk kategori rendah yaitu 62,5% . Penyebab hal tersebut adalah guru yang jarang bersosialisasis dengan komite sekolah, lingkungan sekolah, siswa dan orang tua siswa.

Kata Kunci: Implementasi, Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK)


References


Badan Pusat Statistika Kota Banjarmasin Dalam Angka Tahun 2018.

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. 2019. Jumlah Guru SMA di Indonesia. (http://dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id)

Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, 184-192 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615.

Lince, Ranak. 2016. Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII.

Marwan. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pelaksanaan Supervisi Kelas Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Se Kota Palu Tahun 2017. Tesis. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puteh, Sharifah, Nor dan Kamarul Azman Abd Salam. 2011. Tahap Kesediaan Penggunaan ICT dalam Pengajaran dan Kesannya Terhadap Hasil Kerja dan Tingkah Laku Murid Prasekolah. Jurnal Pendidikan Malaysia.

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. 2019. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.

Suharwoto, Gatot. 2019. Baru 40% dari Jumlah Total Guru di Indonesia yang Melek Teknologi dan Bisa Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Banjarbaru: BanjarmasinPost.

Suprihatiningrum,IJamil.I2013. GuruIProfesional: pedomanIkinerja, kualifikasi, & kompetensiIguru. Yogyakarta : Ar-RuzzMedia.

Undang-UndangIRepublik Indonesia NomorI20 TahunI2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v6i1.7032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Contact Person

  • Dr. Deasy Arisanty, M.Sc 

           0813-4826-0253 (deasyrsnt@gmail.com)

  • Aswin Nur Saputra, S.Pd., M.Sc. 

           0859-5000-5828 (aswin.geografi@gmail.com)

  • Faisal Arif Setiawan, S.Pd., M.Pd 

           0813-5813-5835 (faisal.arifsetiawan@gmail.com)

  • Pendidikan Geografi FKIP Univ. Lambung Mangkurat

           0511-6741-652 (jurnalpendidikangeografi@gmail.com)

Alamat

Jalan Brigjend Hasan Basri Kampus FKIP ULM 

Kotak Pos No. 87 Banjarmasin 70123

 

Indexed by: