Peran Ekstrakurikuler dalam Penanggulangan Bencana di SMK Muhammadiyah 1 Wedi dan 2 Wedi Kabupaten Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peranan ekstrakurikuler dalam penanggulangan bencana gempa bumi di SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Wedi dan (2) Merancang model dan metode integrasi materi mitigasi bencana ke dalam ekstrakurikuler di SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Wedi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Wedi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah 339 siswa yang diperoleh dari perhitungan dengan formula slovin dari 105 populasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Intregasi materi dalam kebencanaan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan (2) Peran sekolah dalam pendidikan mitigasi bencana.
Full Text:
PDFReferences
BPBD, 2006. Data dan Informasi Bencana Indonesia. http://dibi.bnpb.go.id/html.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,“. Profil Sekolah SD INTIS School Yogyakarta”, Dalam http://dapo. dikdasmen. kemdikbud. go. id.
Indonesia, R. (2007). Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Lembaran Negara RI Tahun, (68).
Kusumasari, B. 2014. Manajemen Bencana dan Kapasitas Pemerintah Lokal. Yogyakarta : Gava Media.
Manalu, M. P., & Simamora, B. F. (2014). Gerakan Pramuka Mempersiapkan Generasi Muda. Lestari Kiranatama, Jakarta Timur.
Tondobala, L. (2012). Pemahaman tentang kawasan rawan bencana dan tinjauan terhadap kebijakan dan peraturan terkait. SABUA, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v6i2.7557
Article Metrics
Abstract view : 1089 timesPDF - 2367 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.