Penerapan Model Gallery Walk Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 6 Banjarmasin

Siti Nurhamidah

Abstract


Guru sesuai dengan tugas pokoknya, mampu merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran di kelas. Guru diharapkan melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan  kurikulum  yang berlaku. Kurikulum 2013 yang dikembangkan menghendaki pengembangan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Strategi guru untuk meningkatkan pembelajaran geografi dengan menggunakan model Gallery Walk. Model Gallery Walk mampu mengeksplor dan melatih kecakapan abad 21 peserta didik. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membuat peta penggunaan lahan. Pesertadidik  yang  menjadi  subjek  penelitian  kelas  XII  IPS  di  SMAN  6 Banjarmasin. Jenis data yang dikumpulkan berupa kuantitatif dan kualitatif tentang keterampilan peserta didik membuat peta penggunaan lahan. Hasil yang dicapai, model  Gallery  Walk efektif meningkatkan keaktifan  peserta  didik  kelas  XII  IPS  mata  pelajaran  geografi. Peserta didik lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan, mengkomunikasikan hasil karya peserta didik dan menyampaikan pengetahuan dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain. Berdasarkan hasil observasi langsung kegiatan pameran dan instrumen angket. Selain itu, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif.  Hasil ulangan harian menunjukkan  nilai  rata-rata  kelas  meningkat  dari   67,94  pada menjadi 81,71.


Full Text:

PDF

References


Andriani, Dwi Esti. (2010). Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21. Manajemen Pendidikan. Vol. 5. No.2.

Asmani, Jamal M., (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Fatchan, A., & Dasna, I.W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Jenggala Pustaka Utama.

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.

Setiawan, F. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan teknik sinektik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Setiawan, Wawan & Nurasiah, Hani. (2018). Galery Walk Dalam Aktivitas Belajar: Penelitian Tindakan Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Primary Education, 1 (1), 2018, 48-58.

Suparti, Tuti. 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Gallery Walk Dalam Pembelajaran Konsep Kelistrikan. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 (2016) No. 2: 99-104.

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2020). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal,

(1), 18-24.

Uno, Hamzah B. & Nurdin, Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v6i2.8103

Article Metrics

Abstract view : 1289 times
PDF - 4375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

                  

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License