PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA GIANT EKSTRA BANJAR

Della Ruslimah Sari, Ikhwan Faisal

Abstract


The purpose of this study was to analyze and test the effect of price discount, bonus packs and in store display on impulse buying “ Giant Extra, Banjar South Kalimantan”.This exploratory research uses the questionnaire as a tool to gather the data from the store sample customer. Multiple regression analysis is used in analyzing the data.The result of the experiment shows that Price Discount, Bonus Pack, and In store Display simultaneously influence. Partially, influence the dependant variable purposed was bonus pack and in store display. While price discount has no affected by dependant variable.

Keywords: Price  Discounts, Bonus pack,  In-store display and Impulse Buying


Full Text:

PDF

References


AC Nielsen Indonesia. 2007. Survey of Consumer Behavior and Perceptions Toward Modern and Traditional Trade Channels. Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Aisyah Permatasari. 2016. Pengaruh Persepi Konsumen Pada Promosi Penjualan Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Tidak Terencana. Skripsi pada jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Allan Dwi I’sana. 2013. Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below The Line, dan Emosi Positif terhadap Keputusan Pembelian Impulsif pada Dri Ratu Pemuda Department Store. Skripsi pada jurusan Manajemen.Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.

Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran : Jelajahi & Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, suharmisi. 2002. Metodelogi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Armstrong, dan Kotler. 2003. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1 , Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi Pertama, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Basu Swasta dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Bayley, G. & Nancarrow, C. 1998. Impulse Purchasing: a Qualitative Exploration of the Phenomenon. Qualitative market research: An International Journal, 1 (2).

Belch, George E, Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Bhuono, Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Penerbit Andi, Yogyakarta.

B.N Marbun.2003. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Brian Vicky Prihastama. 2016. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Minimarket. Skripsi pada Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung.

Boyd, Harper W. Jr., et.al. 2002. Markerting Management. Fouth edition. New York: McGraw-Hill.

Buendicho, P. 2003. Impulse Purchase : Trend or Trait?. Published on October 16, 2003

B.N Marbun. 2003. Kamus Manajemen. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Cannon, Joseph P, William D. Perreault, Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar, Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global Buku 2. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Charles W .Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel, 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat. Jakarta.

Dian Firdausi. 2013. Pengaruh Display Produk dan Program Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Impulsif. Skripsi pada program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember (UNEJ)

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Giant Ekstra. 2016. Profil Giant Ekstra http://marketingjayakarta.wordpress.com . 22 oktober 2011.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumano Zain, Jakarta, Erlangga.

Hawkins D.I., Mothersbaugh, D.L., & Best, R.J. 2007. Consumer Behavior : Building Marketing Strategy. New York : McGraw Hill Company Inc.

Hendri, Ma’ruf. 2006. Pemasaran Ritel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Intan Dwi Purnomo. 2011. Pengaruh Promosi Penjualan Produk-Produk Keterlibatan Rendah Pada Niat Pembelian Product Trial Dengan Brand Awarness Sebagai Moderasi. Skripsi, Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Julian Cummins, and Roddy Mullen, diterjemahkan oleh Andreas Haryono. 2004. Sales Promotion, Jakarta : PPM

Jogiyanto, Hartono. 2005. Analisis & desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Kotler, P. & Amstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Erlangga Jakarta.

Lichtenstein D. R and Burton, S. 1989. The Relationship Between Perceived and Objective Price-Quality. Journal of Marketing Research, Vol. 26 (November)

Loudon, D.L dan Bitta, A.J.D. 1993. Consumer behavior, Concepts and Applications. Fouth edition. Singapore:McGraw-Hill.

Mahmud Machfoedz. 2005. Pengantar Ekonomi Modern, Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN).

Manning, L, Gerald and Barry L. Reece. 2001. Selling Today : Building Quality Partnerships, Published by Pearson Education Canada

Mowen, J. Dan Minor, 2001. Perilaku Konsumen, Erlangga: Jakarta.

Nagadeepa. 2015. Impact Of Sales Promotion On Consumer’s Impulse Buying Behavior (IBB); Study In Supermarkets In Anuradhapura City, Faculty of Management Studies, Rajarata University of Sri Lanka.

Ndubisi, Nelson Oly. 2006. Effect of Gender on Customer Loyalty: A Relationship Marketing Approach, Marketing Intelligence And Planning, Vol. 24 No. 1, pp 46-61

Nur Indriantoro, Bambang Supomo. 2001. Edisi 1. Metodelogi Penelitian bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Penerbit, Erlangga.

Ratih Fadhilah Awaliyah. 2010. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen dan Bonus Dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rivie C.T. Waani & Willem J.F. Alfa Tumbuan. 2015. The Influence Of Price Discount, Bonus Pack, and In-store Display On Impulse Buying Decision In Hypermart Kairagi Manado. International Business Administration (IBA) Program, Faculty of Economics and Business, Sam Ratulangi University Manado.

Rook, D.W and Fisher, R.J. 1995. Trait and normative aspect of impulsive buying behavior, Journal of Consumer Research, Vol 22. No. 3

Schiffman, Leon G. and Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. Fifth Edition, Prentice-Hall Inc. New Jersey

Sekaran, U. 2003. Research Methods for Business. A Skill Building Approach. John Wiley & Sons, Inc.

Solomon, M.R. & Rabolt, N. 2009. Consumer Behavior in Fashion, 2^nd Edition. USA: Prentice Hall

Stern, H. 1962. The Significance of Impulse Buying Today. Journal of Marketing.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Tirmidzi, Muhammad Ali, Kashif-Ur-Rehman, dan M. Iqbal Saif. 2009. An Empirical Study of Consumer Impulse Buying Behavior in Local Markets, European Journal of Scientific Reseach, Vol. 28 No.4


Article Metrics

Abstract view : 379 times
PDF - 1272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.