MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT KOMBINASI DENGANCOURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SDN TATAH JARUJU KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR
Abstract
Noorhafizah & Dahlina
Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
E-mail: [email protected]
Abstrak: Permasalahan yang dihadapi di kelas IV SDN Tatah Jaruju adalah kurangnya minat dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPS, disebabkan siswa merasa bosan,tidak fokus, dan kurang antusias. Solusinya ialah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script kombinasi dengan Course Review Horay. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN Tatah Jaruju, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang.Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan evaluasi tertulis. Kesimpulan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru IPS agar menggunakan model pembelajaranCooperative Script kombinasi dengan Course Review Horayuntuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada materi perkembangan teknologi.
Kata Kunci: Perkembangan Teknologi, Cooperative Script,Course Review Horay.
Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
E-mail: [email protected]
Abstrak: Permasalahan yang dihadapi di kelas IV SDN Tatah Jaruju adalah kurangnya minat dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPS, disebabkan siswa merasa bosan,tidak fokus, dan kurang antusias. Solusinya ialah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script kombinasi dengan Course Review Horay. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN Tatah Jaruju, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang.Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan evaluasi tertulis. Kesimpulan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru IPS agar menggunakan model pembelajaranCooperative Script kombinasi dengan Course Review Horayuntuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada materi perkembangan teknologi.
Kata Kunci: Perkembangan Teknologi, Cooperative Script,Course Review Horay.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 283 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 191 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.