MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN MEDIA REALIA SISWA KELAS V SDN PENGAMBANGAN 8 KOTA BANJARMASIN
Abstract
Ahmad Suriansyah & Siti Mahriati
Program Magister Manajemen Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray dan media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pengam-bangan 8 Kota Banjarmasin, tahun ajaran 2013/2014 semester 2. Hasil penelitian dengan menerapkan model two stay two stray dan media realia dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun langkah-langkah pembelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut: fase 1. Siswa bekerja sama dalam kelompok; fase 2. Dua orang siswa dari masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing-masing bertamu ke kelompok yang lain; fase 3. Dua siswa yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka; 4. Kelompok membahas hasil temuan mereka.
Kata kunci: Sifat-sifat bangun ruang, Two stay two stray, media realia, hasil belajar.
Program Magister Manajemen Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray dan media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pengam-bangan 8 Kota Banjarmasin, tahun ajaran 2013/2014 semester 2. Hasil penelitian dengan menerapkan model two stay two stray dan media realia dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun langkah-langkah pembelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut: fase 1. Siswa bekerja sama dalam kelompok; fase 2. Dua orang siswa dari masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing-masing bertamu ke kelompok yang lain; fase 3. Dua siswa yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka; 4. Kelompok membahas hasil temuan mereka.
Kata kunci: Sifat-sifat bangun ruang, Two stay two stray, media realia, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 482 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 453 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.