PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN TEKNIK PENDAMPINGAN GURU PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
H. Akhmad Gafuri
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pengelolaan pendidikan karakter dengan teknik pendampingan guru pada Sekolah Dasar. Model yang digunakan adalah model Borg dan Gall dengan menyederhanakannya menjadi 5 langkah, yaitu: Penelitian awal, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi produk, ujicoba lapangan, dan produk akhir. Data yang diperoleh berupa data awal, data tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan dan keterbacaan model, dan data nilai-nilai karakter peserta didik. Instrumen yang digunakan angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli model menyatakan tingkat kegunaan model “Sangat Tinggi” dan tingkat kemudahan penggunaan, kelengkapan, serta keterbacaan model adalah “Tinggi”; 2) Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan, dan keterbacaan model adalah “Sangat Tinggi”; 3) Tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik masuk kategori “Sangat Tinggi”; 4) Karakter peserta didik setelah dilakukan pendampingan masuk kategori “Membudaya (M)”.
Kata kunci: model manajemen, pendidikan karakter, pendampingan guru
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pengelolaan pendidikan karakter dengan teknik pendampingan guru pada Sekolah Dasar. Model yang digunakan adalah model Borg dan Gall dengan menyederhanakannya menjadi 5 langkah, yaitu: Penelitian awal, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi produk, ujicoba lapangan, dan produk akhir. Data yang diperoleh berupa data awal, data tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan dan keterbacaan model, dan data nilai-nilai karakter peserta didik. Instrumen yang digunakan angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli model menyatakan tingkat kegunaan model “Sangat Tinggi” dan tingkat kemudahan penggunaan, kelengkapan, serta keterbacaan model adalah “Tinggi”; 2) Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat kegunaan, kemudahan penggunaan, kelengkapan, dan keterbacaan model adalah “Sangat Tinggi”; 3) Tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan guru terhadap pembinaan pengembangan karakter peserta didik masuk kategori “Sangat Tinggi”; 4) Karakter peserta didik setelah dilakukan pendampingan masuk kategori “Membudaya (M)”.
Kata kunci: model manajemen, pendidikan karakter, pendampingan guru
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 1523 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1118 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.