MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION VARIASI DENGANDIRECT INSTRUCTION
Abstract
Mohammad Dani Wahyudi & Deni Pratama
Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation dan Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Group Investigation, Direct Instruction
Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation dan Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Group Investigation, Direct Instruction
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 234 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.