MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) VARIASI DENGAN TALKING STICK DI KELAS VA SDN ALALAK TENGAH 3 BANJARMASIN

Muhammad Saleh Mukmin Kurniawan

Abstract


Muhammad Saleh & Mukmin Kurniawan
Program Magister Manajemen Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
Abstrak: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 28 orang yaitu terdiri dari 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tes hasil belajar sedangkan data kualitatif diambil dengan cara mengobservasi siswa pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I 60,38% kategori aktif menjadi 87,39% kategori sangat aktif pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I 75% menjadi 89,29% pada siklus II melebihi kriteria ketuntasan klasikal ≥80%. Hal ini menunjukkan bahwa telah tercapainya indikator keberhasilan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) variasi dengan Talking Stick.
Katakunci: Hasil Belajar, Gaya, Problem Based Learning (PBL) Variasi Dengan Talking Stick.

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.