MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS V SDN BANJARBARU KOTA 4 BANJARBARU
Abstract
Asniwati & Mutiara Ariani Rahman
Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and sharedan student facilitator and explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Banjarbaru Kota 4Kota Banjarbarutahun pelajaran 2014/2015 semester 2. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dalam pembelajaran melalui model think pair and sharedan student facilitator and explaining berada pada kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui model think pair and sharedan student facilitator and explainingberada pada kriteria sangat aktif; (3) pembelajaran tentang organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui modelthink pair and sharedan student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Banjarbaru Kota 4 Kota Banjarbaru.
Kata kunci: Think pair and share, student facilitator and explaining, hasil belajar.
Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and sharedan student facilitator and explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Banjarbaru Kota 4Kota Banjarbarutahun pelajaran 2014/2015 semester 2. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dalam pembelajaran melalui model think pair and sharedan student facilitator and explaining berada pada kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui model think pair and sharedan student facilitator and explainingberada pada kriteria sangat aktif; (3) pembelajaran tentang organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui modelthink pair and sharedan student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Banjarbaru Kota 4 Kota Banjarbaru.
Kata kunci: Think pair and share, student facilitator and explaining, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 95 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.