MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL MIND MAPPING YANG DIVARIASI DENGAN ROLE PLAYING DI KELAS V SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN

Aslamiah Zain Ahmad Fauzi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan dua siklus, yaitu terdiri dari 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Setting penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin, dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswaperempuan. Analisis data diperoleh dari analisis kualitatif dari data hasil observasi aktivitas siswa serta data kauntitatif diperoleh dari data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Hasil belajar siswa selalu meningkat pada setiap pertemuan meningkat. Dengan demikian, model Pembeajaran Kooperatif Mind Mapping yang divariasi dengan Model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Kooperatif Mind Mapping divariasi dengan Model Role Playing, hasil belajar.

Article Metrics

Abstract view : 342 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.