PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PROSES DAN PERMASALAHANNYA)

Ahmad Suriansyah

Abstract


Abstrak: era global sekarang, dunia pendidikan mengalami banyak perubahan yang sangat cepat yaitu pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi pada setiap aktivitas pendidikan dan pembelajaran. Kemajuan teknologi informasi kini telah mengubah cara masyarakat menghabiskan waktu dan cara mengerjakan sesuatu. Dalam kancah perubahan yang semakin marak di masyarakat berbasis teknologi, komunikasi dan informasi dewasa ini, muncul generasi baru yang disebut generasi-n (net-generation). Generasi ini memiliki budaya informasi yang tidak dimiliki oleh generasi-generasi sebelumnya, yaitu sikap kekinian, naluri ingin tahu dan memperoleh informasi terkini, mencari solusi serba cepat, tepat, teliti, dan makin tergantung pada pemakaian alat bantu teknologi informasi dan komunikasi. Pencarian informasi yang kekiniannya (up to date) pada saat ini adalah melalui pemanfaatan ICT. Pola pencarian informasi yang cepat dan akurat ini sudah merambah dalam dunia pendidikan oleh para siswa dan guru. Masalah yang masih menjadi pertanyaannya adalah sudah siapkah kita, guru-guru kita dan siswa kita untuk memanfaakan ICT untuk pengembangan diri secara optimal dan tepat. Bagaimana strategi yang harusnya kita lakukan untuk mengatasi permasalahan dalam implementasi pembelajaran berbasis IT. Tentu akan banyak ragam jawaban yang akan diberikan sesuai apa yang dirasakan, diamati atau dilakukan oleh masing-masing orang, sekolah atau institusi. Pembelajaran berbasis IT sangat penting untuk diimplementasikan agar percepatan peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai secara optimal. Untuk itu ada beberapa hal yang harus kita sikapi dan kita antisipasi dalam berbagai bentuk ke depan, yaitu:Peningkatan infra struktur sekolah yang terkait dengan TIK, Peningkatan sumber daya manusia baik tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik (guru) untuk mengaplikasikan TIK sebagai media pembelajaran maupun sebagai sumber belajar, peningkatan kemampuan dan aparat pembina sekolah, seperti kepala sekolah dan pengawas sekolah.
Kata kunci: Pembelajaran, TIK

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5281 times
PDF - 8626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.