MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) VARIASI MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan di setiap siklusnya. Setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin, dengan jumlah siswa 38 orang yang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan materi globalisasi menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) variasi Make a Match
Kata kunci: Hasil belajar, Student Team Avhievement Divisions (STAD), Make a Match.
Kata kunci: Hasil belajar, Student Team Avhievement Divisions (STAD), Make a Match.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 199 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.