PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIPADU NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan sikap sosial siswa; dan 2) perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model STAD dipadu NHT dengan kelas konvensional. Penelitian menggunakan rancangan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent kontrol group design. Data penelitian adalah angket untuk menggumpulkan data sikap sosial siswa dan tes kognitif untuk mengukur hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif dan uji-t pada taraf signifikan 5% berbantuan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum model pembelajaran STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar. Hasil penelitian didapat bahwa 1) terdapat perbedaan sikap sosial antara yang mengikuti pembelajaran STAD dipadu NHT dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional sebesar t= 2,413; p < 0,01; 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model STAD dipadu NHT dengan pembelajaran konvensional diperoleh t=3,524; p < 0,01. Dengan demikian penerapan pembelajaran STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SDN Passar Lama 3 Banjarmasin.
Kata kunci: model STAD Dipadu NHT, sikap sosial, hasil belajar matematika
Kata kunci: model STAD Dipadu NHT, sikap sosial, hasil belajar matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 414 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.