MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH DAN DAUR AIR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING VARIASI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VB SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing variasi Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdri dari 2 Siklus yaitu 4 pertemuan Subyek penelitian adalah siswa Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 semester 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setiap siklusnya (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata skor 21,5 dengan kriteria baik dan siklus II dengan skor 27 dengan kriteria sangat baik. (2) Keaktifan siswa dalam pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 59,52% dengan kriteria aktif dan pada siklus II 88,09% dengan kriteria sangat aktif. (3) Hasil belajar siswa, pada siklus I dengan rata-rata 64,28% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II 88,09% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 220 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 225 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.