MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE VARIASI DENGAN AUDIO VISUAL (TPS+AV) DI KELAS IV SDN PENGAMBANGAN 8 KOTA BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share variasi dengan Audio Visual (TPS+AV). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pengambangan 8 Kota Banjarmasin tahun ajaran 2013/2014 semester 2. Hasil dari penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share variasi dengan Audio Visual (TPS+AV) ini dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun langkah-langkah pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut: fase (1) Menampilkan tayangan video; (Audio Visual) (2) Mengajukan suatu isu/permasalahan dari tayangan video yang ditampilkan dan meminta siswa memikirkan jawaban secara indi-vidual; (Think) (3) Siswa berpasangan; (Pair) (4) Membagikan gambar yang relevan dengan materi pelajaran dan membimbing siswa melakukan diskusi; dan (5) Setiap pasangan membagikan hasil diskusinya (Share).
Kata kunci: Think pair and share, media audio visual, globalisasi, hasil belajar
Kata kunci: Think pair and share, media audio visual, globalisasi, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 116 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.