Pembelajaran Daring Matakuliah Drama dan Tari SD di Masa Pandemik Covid-19

Ari Hidayat, Henny Apriana Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai bahan pembelajaran tari dan drama bagi pendidik dan peserta didik yang dapat diterapkan pada masa proses pembelajaran dirumah terlebih pada masa pandemi Covid-19. Bahan ajar dan media pembelajaran diskusi dan alat teknologi inforemasi dan komunikasi bahan utama pada proses pembelajaran di rumah. Materi pembelajaran tari dan drama yang diajarkan adalah Japin Carita, sebuah kesenian tradisi lokal yang ada di Kalimantan Selatan. Fokus masalah pada penelitian ini adalah pada proses pembelajaran yang berlangsung di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif, dengan studi kasus pada pembelajaran tari dan drama SD pada PGSD Fakultas Keguruaan dan Ilmu pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Proses pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu pengembangan proses pembelajaran tari dan drama SD pada masa pandemik yang menghasilkan inovasi dan kreativitas pada siswa.

Kata kunci: pembelajaran daring, drama, tari SD, pandemi covid-19

 

This research aims as dance and drama learning material for educators and students that can be applied during the learning process at home especially during the Covid-19 pandemic. Teaching materials and discussion learning media and information technology tools and communication are the main materials in the learning process at home. Dance and drama learning taught is a local art tradition in South Kalimantan "Japin Carita". The focus of the problem in this study is on the learning process that took place at home during the Covid-19 pandemic. In an effort to achieve this goal, a qualitative case study descriptive study was used in an elementary school dance and drama learning application through the traditional art of South Kalimantan "japin carita". The process of collecting data is done through observation, documentation and interviews. The results of this study are efforts made in developing elementary dance and drama learning processes during the Covid-19 pandemic, and can provide innovation and creativity in the learning process at home.

Keywords: online learning, drama, elementary dance, the covid-19 pandemic


Keywords


pembelajaran daring, drama, tari SD, pandemi covid-19, online learning, drama, elementary dance, the covid-19 pandemic

References


Ampera, T. 2010. Pengajaran Sastra: Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktiitas. Widya Padjadjaran, 10.

Amri, U., & Vismia S, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Tetaer Tradisional Randai Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8(No. 2), 190.

Destrinelli, & Leony. 2019. Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Strategi Praktik BerpasanganKkelas IV SD Negeri 66/ IV Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 4(No. 1), 43. Retrieved from http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala.

Jazuli, M. 2010. Model Pembelajaran Tari Pendidikan pada Siswa SD/MI Semarang. Harmonia, Vol. 10(No. 2), 17. Retrieved from https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.59.

Kirom, S. 2018, Januari. Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa. JIP, Vol. 8(No. 1), 47. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi.

Kusumastuti, E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1(No. 1), 10. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/

Kusumawati, A. A. 2009. Menengok Seni Teater Umat Islam di Indonesia. Adabiyat, Vol. 8(No. 2), 374.

Nurseto, G., Wahyu, L., & Hartono. 2015. Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif dan Kreatif. Catharsis: Journal of Arts Education, Vol. 4(No. 2), 116. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis.

Rosala, D. 2016. Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme: Jurnal Seni dan Desain serta Pembelajarannya, Vol. 2(No. 1), 25.

Setiawati, R., & Melina, S. 2008. Seni Tari. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Teti, M. 2011. Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Intelektual (SAVI). Edisi Khusus, Vol. 2, 71.

Waluyo, H. J. 2001. Drama: Teori pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Hanindita Graha Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v6i1.11411

Article Metrics

Abstract view : 426 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1021 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

            


View Our Stats

Flag Counter     

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License