Pembelajaran Alat Musik Panting dengan Pendekatan Tangganada dan Tablature

Benny Mehendra

Abstract


Panting merupakan alat musik petik Kalimantan Selatan yang sering dipelajari dalam pembelajaran musik di sekolah. Selama masa pandemi Covid 19, pembelajaran alat musik Panting dengan pendekatan tangganada dan tablature memungkinkan untuk dilakukan karena siswa dapat belajar secara mandiri di rumah. Artikel ini mendeskripsikan hasil penelitian mengenai pembelajaran musik dengan penggunaan pendekatan tangganada dan tablature. Dalam proses penelitian, peneliti melakukan tahapan: (1) mempraktikkan teknik bermain alat musik Panting, (2) membuat bahan pembelajaran dari hasil analisis, lalu (3)  kemudian menuliskanya pada sebuah notasi balok dan tablature. Penelitian ini telah menghasilkan metode belajar alat musik Panting yang efektif melalui pendekatan tangganada dan tablature.

Kata kunci: musik panting, pembelajaran musik, tangganada, tablature

 

Panting is a South Kalimantan stringed instrument that is often studied in music learning at school. During the Covid 19 pandemic, learning the Panting musical instrument with a scale and tablature approach is possible because students can study independently at home. This article describes the results of research on music learning using a scale and tablature approach. In the research process, the researcher carried out the stages: (1) practicing the technique of playing the Panting musical instrument, (2) making learning materials from the results of the analysis, then (3) writing them down on a block notation and tablature. This research has produced an effective method of learning the musical instrument Panting through a scale and tablature approach.

Keywords: panting music, music learning, scales, tablature


Keywords


musik panting, pembelajaran musik, tangganada, tablature, panting music, music learning, scales, tablature

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Astriadi, Derry. 2009. Kiat Termudah Belajar Bermain Gitar. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Azhari, Bayu. 2009. Musik Panting Kalimantan Selatan. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.

Allen Winold, and Jhon Rehn. 1971. Introduction to Music Theory. United State of America: PRENTICE HALL.

Herlipus. 2021. Fungsi Aplikasi Musik Software Guitar Pro dalam Melatih Permainan Gitar Di Studio Musik Jalur Dua Ngabang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Khodijat, Latifah dan Marzuki. 2003. Tangganada dan Trinada. Jakarta: Djambatan.

Khodijat, Latifah. 1983. Istilah-Istilah Musik. Jakarta: Djambatan.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitilan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiadi, Bagus. 2016. Aplikasi Penerjemah Tablatur Gitar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Platform Android. ULTIMA InfoSys, Vol. VII, No. 2.

Simanungkalit, N. 2008. Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sjarifuddin.1985. Musik Panting dari Tapin. Banjarmasin: Museum Negeri Lambung Mangkuran Provensi Kaliamantan Selatan.

Soeharto, M. 1992. Kamus Musik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Solapung, Kaye A. 1883. Gitar Tunggal. Cet. ke-4. Jakarta: PT Indira.

Winanto, Agung. 2007. Penggunaan Media Musik Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Tangerang. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v6i1.11413

Article Metrics

Abstract view : 499 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.