Efektivitas Penggunaan Metode Drill pada Pembelajaran Ansambel Pianika di Kelas X SMA Negeri 2 Muara Dua Kisam

Ari Anggara, Dedy Firmansyah, Feri Firmansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode drill pada pembelajaran ansambel pianika di kelas X SMA Negeri 2 Muara Dua Kisam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kategori pre-test and post-test one group Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat efektivitas penggunaan metode drill terhadap pembelajaran ansambel pianika pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Muara Dua Kisam.


Keywords


pembelajaran seni budaya, ansambel pianika, metode drill

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan, Ahmad. 2019. Belajar Pianika Dengan Metode Tutor Sebaya Kelas X IPA 3 Di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Sendratasik, 8(1) FBS Universitas Negeri Padang.

Leli, Kornelia. 2014. Efektivitas Pembelajaran Melodi Menggunakan Media Instrumen Pianika Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v6i2.11582

Article Metrics

Abstract view : 390 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

            


View Our Stats

Flag Counter     

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License