Pengembangan Media Mobile Learning Seni Budaya Berbasis Android

Lukman Hakim, Sumasno Hadi, Edlin Yanuar Nugraheni

Abstract


Pemanfaatan teknologi digital saat ini sangat membantu pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Salah satunya adalah pemanfaatan media mobile learning pada pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning, khususnya pada pembelajaran Seni Budaya dengan sub materi gerak tari. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Responden penelitian ini adalah sejumlah siswa SMP Negeri 2 Kusan Hilir. Setelah melewati tahapan metodis, hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran mobile learning berbasis android.


Keywords


media pembelajaran, mobile learning, berbasis android, seni budaya, gerak tari

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Fatmawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Listyorini, T. (2013). Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 3(1), 25-30.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan, 1(2).

Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 20(1), 83-91.

Nugroho, S. (2014). Pemanfaatan Mobile Learning Game Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika SMA Kesatrian 1 Semarang. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 1-7.

Nurhayati, N. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).

Purnama, R. B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi.

Syaifullah, R., & Solikin, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM AIR CONDITIONING (AC). E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 22(1).

Wati, E. I., Ilyas, M., & Sulistyowati, E. D. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 1(4), 291-304.

Yafie, E., Iriyanto, T., Gonadi, L., & Wahyuni, S. (2018). Workshop Pembuatan Media Education Berbasis Ppt Anak Usia Dini Untuk Guru Se-Kota Malang Dan Alumni Pgpaud Universitas Negeri Malang. Jurnal KARINOV, 1(2).

Yamin, M. R., & Karmila, K. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis cartoon dalam pembelajaran ipa pada materi lingkungan kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2).

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v6i2.11585

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

    

View Our Stats

 Flag Counter

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License