Pembelajaran Piano di Higayon Musik Studio Banjarmasin
Abstract
Kurangnya pendidikan kesenian khususnya seni musik, membuat siswa berkeinginan menambah pengetahuannya melalui sekolah musik. Higayon Musik Studio merupakan salah satu sekolah musik yang ada di Banjarmasin dan banyak diminati. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses dan hasil pembelajaran piano di Higayon Musik Studio Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa pembelajaran dan metode. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Piano di Higayon Musik Studio Banjarmasin melalui beberapa metode yaitu: metode ear training, sight singing dan sight reading diimplementasikan ke dalam metode demonstrasi, ceramah, tanya jawab, dan latihan. Guru menggunakan metode-metode yang disesuaikan kebutuhan siswa saat menerima materi pelajaran piano. Siswa aktif, berkembang dan lebih fokus dalam mempelajari piano yang telah dijelaskan dan dipraktekkan oleh guru.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Zainal (2015). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Hidayani, Fika (2009). Mengenal Alat-Alat Musik Dunia. Bandung: Kenanga Pustaka Indonesia.
Jihad, Asep (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kamil, Mustofa (2011). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.
Kusdinar, Hendri (2014). Asyiknya Bermain Musik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Laisa, Kiki (2016). Metode Praktis Belajar Piano Otodidak Dari Pemula Jadi Mahir. Semarang: Yanita.
Moleong, Lexy (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.
Mudyahardjo, Redja (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mukhtar (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta: Referensi.
Mulyanto, Eko S (2006). Metode Dasar Bermain Piano Pop. Depok: PT Kawan Pustaka.
Nasruddin, Toha (2011). Melestarikan Ragam Budaya Bangsa, Depok: CV Arya Duta.
Ngalimun (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Riyanto, Yatim (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sumanto (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service ).
Syifa, Linda Asy- (2010). Panduan Mengajar Seni Musik. Jakarta Timur: CV Sahala Adidayatama.
Tohirin (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v3i2.11744
Article Metrics
Abstract view : 374 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 175 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats