Fisiognomi Topeng pada Tari Topeng Panji dalam Upacara Manuping di Banyiur Luar Banjarmasin
Abstract
Intisari
Tari Topeng Panji adalah salah satu jenis tari klasik tunggal Topeng Banjar yang menggunakan benda pusaka berusia ratusan tahun dan menjadi bagian dari upacara daur hidup yang rutin diadakan di Banyiur Luar Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Fisiognomi Topeng Panji yang ada di Banyiur Luar Banjarmasin dengan mempelajari disiplin Ilmu Fisiognomi dan Ilmu Semiotika yang meliputi bagian mata, hidung, mulut, alis, dahi, pipi, dagu, bentuk wajah, cacantung, jamang, dan warna; serta sajian Tari Topeng Panji dalam Upacara Manuping di Banyiur Luar Banjarmasin, yang meliputi unsur gerak, musik iringan, rias busana, properti dan desain lantai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan secara sistematis, sesuai fakta dan akurat. Teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dan pengumpulan data lapangan didapatkan hasil Fisiognomi pada Topeng Panji yang ada di Banyiur Luar Banjarmasin merupakan perwujudan seorang tokoh ksatria halus yang berwajah tampan, gagah, cerdas, rendah diri, perwira, ramah, bijaksana, berjiwa petualang, berwatak lembut dan berbudi pekerti luhur, secara penyajian Tari Topeng Panji bersifat spontan dan menjadi bagian dari upacara daur hidup yaitu Upacara Manuping.
Kata kunci: fisiognomi, tari topeng panji, upacara manuping
Abstract
Panji Mask Dance is one type of classical Banjaris Mask dance that uses hundreds of years old heirlooms and is part of the life cycle ceremony that is routinely held at Banyiur Luar Banjarmasin. The purpose of this study was to find out the Panji Mask Physiognomy in Banyiur Luar Banjarmasin by studying physiognomy and semiotics which included the eyes, nose, mouth, eyebrows, forehead, cheeks, chin, face shape, cacantung, jamang and color; as well as Panji Mask dance in Manuping Ceremony at Banyiur Luar Banjarmasin, which includes motion, musical accompaniment, fashion make-up, property and floor desaign. This study uses qualitative research with descriptive methods that are carried out systematically, according to facts and accurate. Data collection techniques are carrid out through observation, interviews and documentation. Bassed on research and field data colletion obtained Physiognomy results on Panji Mask in Banyiur Luar Banjarmasin is a manifestation of a good knight character who has a handsome, hansome, intelligent, inferior, officer, friendly, wise, adventure, gentle and noble character, the presentation of Panji Mask Dance is spontaneous and becomes part of the the life cycle ceremony, namely Manuping.
Keywords: physiognomy, panji mask dance, manuping ceremonyFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Devi, Rima Sartina Firliana. 2012. Keberadaan Tari Topeng Panji di Kampung Melayu Kecamatan Banjarmasin Tengah. Skripsi. STKIP PGRI Banjarmasin.
Ghony, M. Djunaidi & Almansyur, Fauzan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hakim, Lukman Noor. 2016. Keberadaan Kesenian Kuda Lumping Campursari “Cipta Karya Manunggal” Di Desa Tanggul Rejo Kecamatan Tabunganen Barito Kuala. Skripsi. STKIP PGRI Banjarmasin.
Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Maman, Mukhlis. 2012. Topeng Banjar. Banjarmasin: UPT Taman Budaya Kalimantan Selatan, Pustaka Banua.
Purba, Dyah Arum. 2016. Bentuk Penyajian dan Makna Simbolik Topeng Epos Panji Dalam Kesenian Lengger di Desa Keteleng Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Skripsi. Pendidikan Seni Tari Universita Negeri Yogjakarta.
Prasetyono, Dwi Sunar. 2012. Membaca Wajah Orang. Jokgajakarta: Diva Press.
Prastowo, Andi. 2016. Memahami Metode-metode Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Sari, Putri. Y. P. K. 2012. Tari Topeng Sangkala dalam Upacara Manuping di Kampung Banyiur Luar Kelurahan Basirih Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP ULM.
Sjafi’i, Achmad. 2001. Nirwana Datar: Unsur, Kaidah dan Pola Dasar Komposisi Rupa Dwimatra. Surakarta: STSI Press.
Subekti, Ari. 2009. Seni Tari Untuk SMA/MA Kelas XII. Yogjakarta: Citra Aji Parama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Bandung.
Susilo, Budi. 2014. Membaca Kejujuran dan Kebohongan dari Raut Wajah. Jogjakarta: Diva Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v4i2.12738
Article Metrics
Abstract view : 433 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 505 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats