Situasi Gamelan Solo Raya: Studi Kasus Gamelan Kyai Rejeki di Desa Gombang Kabupaten Boyolali
Abstract
Intisari. Solo Raya merupakan daerah basis gamelan. Gamelan tersebar dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Salah satunya adalah keberadaan gamelan Kyai Rejeki atau gamelan Gombang di desa Gombang kecamatan Sawit kabupaten Boyolali. Artikel ini berusaha mengidentifikasi frekuensi, jangkah nada-nada dan satu gembyangan dari gamelan Kyai Rejeki (gamelan Gombang). Secara metodis, peneliti menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitaif sebagai metode bantu dalam penghitungan sistem nada. Observasi, wawancara dan data ukur menjadi sumber data fundamental yang digunakan selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa gamelan Kyai Rejeki atau yang lebih akrab disebut gamelan Gombang merupakan salah satu gamelan terkemuka dan yang menjadi patron atau babonan gamelan-gamelan yang ada di sekitar kabupaten Boyolali (Jawa Tengah) sampai daerah Klaten dengan gaya Semarangan. Gamelan Kyai Rejeki merupakan gamelan gaya Semarangan dengan kebanyakan permainanannya berada pada wilayah nada tinggi termasuk dalam hal garapan.
Kata kunci: gamelan, kyai rejeki, gombang, sistem laras, slendro, boyolali
Abstract. Solo Raya is a gamelan base area. Gamelan spread and became an inseparable part of people's lives. One of them is the existence of Kyai Rejeki gamelan or Gombang gamelan in Gombang village, Sawit district, Boyolali district. This article attempts to identify the frequency, range of notes and one gembyangan of the gamelan Kyai Rejeki (gamelan Gombang). Methodically, the researcher uses qualitative methods and quantitative methods as auxiliary methods in calculating the tone system. Observations, interviews and measurement data became the source of the fundamental data used during the research. Based on the results of the research, it was found that the gamelan Kyai Rejeki or more familiarly called the Gombang gamelan is one of the leading gamelan and the patron or babon of gamelans around Boyolali district (Central Java) to Klaten area with Semarangan style. Kyai Rejeki's gamelan is a Semarangan style gamelan with most of its playing in the high-pitched region, including in terms of cultivation.
Keywords: gamelan, kyai rejeki, gombang, tuning system, slendro, boyolali
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bungin, Burhan. 2001. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Depok. Raja Grafindo Persada.
Hastanto, Sri. 2008. Kajian Musik Nusantara I. Surakarta: ISI Press
-----------------. 2009. Konsep Embhat dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press.
-----------------. 2009. Konsep Pathet dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press
-----------------. 2011. Kajian Musik Nusantara I. Surakarta: ISI Press.
-----------------. 2012. Ngeng dan Reng: Persandingan Sistem Pelarasan Gamelan Ageng Jawa Dan Gong Kebyar Bali. Surakarta: ISI Press.
-----------------. 2012. Kajian Musik Nusantara II. Surakarta: ISI Press.
----------------- dkk. 2015. Redefinisi Laras Slendro. Laporan Akhir Tahun Pertama Penelitian Tim Pascasarjana. Surakarta: LPMP ISI Surakarta.
-----------------. 2016. Kehidupan Laras Slendro di Nusantara. Karanganyar: Citra Sain.
Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tirta Wacana.
Sunarto, Bambang. 2013. Epistimologi Penciptaan Seni. Surakarta: ISI Press.
Supanggah, Rahayu. 1995. Seri Bacaan: Etnomusikologi. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Webtografi
www.sengpielaudio.com (diakses sejak tanggal 2 Februari 2017).
http://www.sengpielaudio.com/calculator-centsratio.htm (diakses sejak tanggal 23 Februari 2017).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v7i1.13390
Article Metrics
Abstract view : 448 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 202 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats