Pembelajaran Dirigen dalam Upaya Peningkatan Musikalitas Guru TK Panti Dewi Berbah Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan musikalitas guru di TK/PAUD Panti Dewi melalui pembelajaran dirigen sehingga kemampuan guru dapat mendampingi dan melatih anak didik menjadi lebih optimal, sekaligus dapat menjadi dirigen baik di acara sekolah atau acara lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan musikalitas guru di TK Panti Dewi semakin berkembang. Hal ini tampak pada hasil penilaian yang meliputi kemampuan dasar (nada, ritmis dan tempo), kemampuan dirigen (posisi tubuh, pola gerakan tangan, mengawali dan mengakhiri lagu), dan kemampuan tambahan (ekspresi, interpretasi dan apresiasi) memperoleh nilai rata-rata 81,1 yang berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penelitian tindakan yang dilakukan dengan cara melatih guru melalui pembelajaran dirigen dengan bantuan media pembelajaran yang baik, telah berhasil membantu guru di TK Panti Dewi dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan musikalitas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Banoe, Pono, Dr. 2013. Metode Kelas Musik. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Diah K, Francisca Xaveria. “Permainan Duet Piano Empat Tangan Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa pada Pembelajaran Praktek Instrumen Mayor II
Piano di Jurusan Pendidikan Seni Musik” Jurnal Imaji Vol. 14 No.1 April 2016 ISSN 1693-0479
Diah K, Francisca Xaveria. “Pengembangan Kemampuan Musikalitas Guru di TK Panti Dewi Berbah Sleman” Jurnal Imaji Vol.15 No.2 Oktober 2017 ISSN 1693-0479
Hallam dan Prince V. 2003. Conceptions of Musical Ability. Research Studies in Music Education 20 : 2–22.
Madya, Suwarsih. 1994. Seri Metodologi Penelitian. Panduan penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Miller, Hugh. (Tanpa Tahun). Pengantar Apresiasi Musik. Terjemahan : Triyono Bramantyo P.S., Yogyakarta : ISI. Judul Asli : An Introduction to Music a Guide to Good Listening. 1991
Müllensiefen D, Gingras B, Musil J, Stewart L. 2014. “The Musicality of Non-Musicians: An Index for Assessing Musical Sophistication in the General Population”. PLoS One: Open Acces Journal, v. 9 (2). Diunduh pada 21 Juni 2017, dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3935919.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Suryabrata B.A.,M.A., Ed.S., Ph.D., Drs. Sumadi, 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang RI 2005 No. 14, Guru dan Dosen.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v5i2.14493
Article Metrics
Abstract view : 228 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats